Jelang Olimpiade Tokyo

    Usain Bolt Yakin Rekornya tidak Patah di Olimpiade Tokyo

    Kautsar Halim - 22 Juli 2021 18:46 WIB
    Usain Bolt Yakin Rekornya tidak Patah di Olimpiade Tokyo
    Usain Bolt. (ERNESTO BENAVIDES / AFP)



    Jakarta: Mantan sprinter Jamaika, Usain Bolt, percaya diri sederet rekornya tidak akan patah di Olimpiade Tokyo 2020 yang resmi bergulir pada Jumat 23 Juli mendatang. Sikap optimistis itu muncul setelah dia memantau pencapaian para pelari dunia belakangan ini.   

    Bolt merupakan pemegang rekor dunia lari nomor 100 meter dengan catatan waktu 9,58 detik, serta 19,19 detik untuk nomor 200 meter. Keduanya ia cetak dalam Kejuaraan Dunia Atletik 2009 di Berlin, Jerman.

     



    Kemudian, kedua rekor itu penajaman dari catatan waktu 9,69 detik dan 19,30 detik yang ditorehkannya saat Bolt menyabet medali emas 100 meter dan 200 meter putra Olimpiade Beijing 2008.

    Bolt juga menyabet emas untuk nomor 100 meter putra Olimpiade London 2012 sambil menaikkan catatan waktu rekor Olimpiade jadi 9,63 detik.

    "Saya sangat percaya diri," kata Bolt saat bincang-bincang yang diselenggarakan kanal Instagram resmi Olimpiade, @olympics, Rabu (21/7/2021) waktu setempat.

    "Saya tidak bilang itu tidak akan terjadi. Tapi melihat mereka yang akan tampil. saya pikir mereka belum ada di level 9,58 detik atau 19,19 detik. Kita lihat saja nanti," tambahnya.

    Di antara pelari yang berlomba di Tokyo nanti, Bolt menyoroti sprinter Amerika Serikat Trayvon Bromell. Atlet berusia 26 tahun itu sempat menjadi yang tercepat di kejuaraan dunia jelang Olimpiade dengan catatan waktu 9,77 detik untuk nomor 100 meter.

    "Dia benar-benar telah menanjak dan memperlihatkan bahwa siap dan fit. Selama dia menjaga kondisinya, dia akan berada di depan," tutup Bolt.

    Cabang olahraga atletik Olimpiade Tokyo baru mulai bergulir pekan depan atau pada Jumat 30 Juli mendatang. Khusus lomba nomor 100 meter putra akan berlangsung pada 1 Agustus dan tiga hari kemudian terdapat lomba nomor 200 meter putra. (ANT)


    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id