Juara di Cina, Atlet Panjat Tebing Indonesia Pecahkan Rekor Dunia

    Ahmad Mustaqim - 20 Oktober 2019 17:38 WIB
    Juara di Cina, Atlet Panjat Tebing Indonesia Pecahkan Rekor Dunia
    Atlet panjat tebing Indonesia, Aries Susani Rahayu, saat memecahkan rekor dunia di nomor kecepatan. (Foto: Humas FPTI)
    Yogyakarta: Atlet panjat tebing Indonesia, Aries Susanti Rahayu berhasil menyabet gelar juara dunia. Aries berhasil memenangkan partai final Kejuaraan Dunia IFSC Climbing Worldcup di Xiamen, Cina, Sabtu, 19 Oktober 2019. Tak hanya juara, perempuan asal Grobogan, Jawa Tengah ini juga pecahkan rekor dunia. 

    Aries bertarung mengahadapi salah satu lawan terberat, Yi Ling Song (Cina). Dengan langkah pasti, Aries mampu mencatatkan waktu tercepat dengan durasi 6,995 detik. 

    Catatan waktu itu sekaligus memecahkan rekor dunia Speed World Record. Rekor tercepat dunia sebelumnya dipegang Yi Ling dengan waktu 7,101 detik yang kala itu didapat di IFSC Worldcup Chongqing, Cina, April 2019. Namun, pada babak final kali ini Yi Ling hanya mampu mencatatkan waktu 9,032 detik. 

    "Kini, Aries bisa melampui itu dan bahkan menjadi atlet pertama yang bisa menjebol atau melewati angka 7 detik untuk wanita di speed world record," demikian keterangan rilis media dari Humas Federasi Panjang Tebing Indonesia (FPTI) yang diterima Medcom.id pada Minggu, 20 Oktober 2019. 

    Catatan waktu yang mendekati pemecahan rekor terlihat sejak semifinal baik oleh Aries maupun Song. Di babak semifinal, Aries mencatatkan waktu 7,163 detik dan Song 7,169 detik. Mereka memainkan emosi semua penonton karena hanya 1/10 detik jauhnya dari rekor dunia.

    Aries mengaku senang cita-cita dan targetnya bisa tercapai. Pecahkan rekor dunia merupakan salah satu impiannya. 

    "Saya bersyukur kepada Allah atas prestasi ini. Saya senang sekali akhirnya bisa pecah rekor. Ini yang saya impikan. Saya persembahkan prestasi ini untuk Indonesia," kata dia.

    Aries pun berhasil menyabet medali emas. Ada pun medali perak didapat Yi Ling. Sementara itu medali perunggu diraih oleh atlet asal Rusia Mariia Krasavina. 

    Untuk nomor speed world record putra, medali emas diraih oleh atlet asal Cina, Zhong Qixin dengan catatan waktu 7,208 detik. Qixin mengalahkan atlet asal Rusia, Lev Rudatskiy yang terjatuh di babak final. Sedangkan medali perunggu juga diraih oleh atlet Rusia, Vladislav Deulin dengan catatan waktu 5,635 detik. 

    Video: Deretan 10 Pemain termahal Dunia

     



    (RYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id