London Siap Gantikan Tokyo sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2020

    Kautsar Halim - 20 Februari 2020 18:28 WIB
    London Siap Gantikan Tokyo sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2020
    Pelari Jepang membawa obor Olimpiade 2020. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)
    London: Calon Wali Kota London dari Partai Konservatif Shaun Bailey menyatakan wilayahnya siap menggantikan Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade 2020. Itu dia katakan apabila wabah virus korona tak kunjung usai.

    Wabah virus korona sudah menewaskan lebih dari 2.000 orang di Tiongkok dan menginfeksi 74.000 orang di seluruh dunia. Situasi itu mengganggu kalender olahraga Asia dan dunia pada awal tahun ini.

    Di Jepang, ratusan orang sudah terinfeksi virus tersebut dan terdapat ada dua korban tewas di kapal pesiar Diamond Princess. Hal ini memicu kekhawatiran bahwa pesta olahraga terbesar dunia ini urung diadakan.

    Merespons wabah tersebut, sejatinya panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo sudah membentuk tim khusus yang berkoordinasi dengan otoritas kesehatan. Kemudian, Komite Olimpiade Internasional (IOC) sudah mendapat masukan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) agar tidak mengubah jadwal dan lokasi Olimpiade 2020.

    Tapi, London punya pengalaman manis sebagai tuan rumah Olimpiade 2012 dan berjarak cukup jauh dengan titik-titik penyebaran virus korona. Atas dasari itu, Bailey menyatakan bahwa adalah lokasi paling tepat sebagai pengganti Tokyo

    "Kami memiliki infrastruktur dan pengalaman. Dan karena wabah #coronavirus, dunia mungkin membutuhkan kita untuk maju," kata Bailey lewat Twitter.

    "London bisa menjadi tuan rumah #Olympics pada 2020", tambahnya.

    Cuitan Bailey langsung dikritik berbagai media massa dan juga netizen Twitter. Terhitung, sudah hampir 50.000 komentar pedas yang membalasnya hingga berita ini diturunkan. 



    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id