Kata Menpora setelah Menaikkan Anggaran SEA Games 2019

    Patrick Pinaria - 14 November 2019 17:15 WIB
    Kata Menpora setelah Menaikkan Anggaran SEA Games 2019
    Menpora Zainudin Amal. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
    Jakarta: Anggaran kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 sedang menjadi sorotan. Sebab, pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tidak mengabulkan permintaan kenaikan sepenuhnya.

    Awalnya, Kemenpora menyediakan anggaran sekitar Rp47 miliar untuk kontingen Indonesia. Namun, Chief de Mission (CdM) menyarankan agar anggaran tersebut dinaikkan hingga Rp64 miliar.

    Kemenpora pada akhirnya memenuhi permintaan kenaikan anggaran. Tapi, memang meleset dari ekspektasi. Secara resmi, mereka mengumumkan telah menaikkan anggaran menjadi sekitar Rp59,68 miliar. 

    Ketika ditanya soal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan masalah mengenai anggaran sudah selesai dan saling disepakati.

    "Masalah anggaran sudah selesai. Kami sudah memenuhi permintaan kenaikan anggaran," ujar Zainudin dalam acara konferensi pers di Gedung Kemenpora, Kamis (14/11/2019).

    Sebelumnya, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot. S Dewabroto memastikan bahwa kenaikan anggaran sebesar Rp59,65 miliar sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kontingen Indonesia. Proses pencairannya pun bisa dilakukan dalam waktu dekat. 

    "Sudah ada kabar bagus. Jadi hampir Rp60 miliar anggarannya. MoU dilakukan paling lambat Jumat, kalau bisa Kamis," ujar Gatot usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR terkait persiapan SEA Games 2019, Rabu (13/11/2019).

    Indonesia dipastikan akan memberangkatkan sebanyak 1.349 personil. Total personil tersebut terdiri dari 837 atlet, 52 manager, 192 ofisial, 69 ofisial mandiri, 31 ekstra ofisial, dan 168 orang headquarter.

    Menpora memastikan hanya atlet dan ofisial (manajer dan ofisial) yang akan dibiayai. Jika ada rombongan lain, harus menggunakan dana mandiri.

    "Jadi intinya, kewajiban kami lebih kepada para atlet, pelatih atau ofisial yang terkait langsung. Kalau yang lain-lain, silakan membiayai secara mandiri atau bisa berdiskusi dengan NOC," papar Zainudin.

    SEA Games 2019 akan bergulir di Filipina pada 30 November hingga 11 Desember mendatang. Sebanyak 56 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan di ajang tersebut. Terhitung dari 837 atlet Indonesia yang berangkat hanya tampil di 51 cabor.





    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id