Wow! Emas Pertama Olimpiade Tokyo Berhasil Direbut Tiongkok

    Rendy Renuki H - 24 Juli 2021 12:01 WIB
    Wow! Emas Pertama Olimpiade Tokyo Berhasil Direbut Tiongkok
    Atlet Tiongkok Yang Qian meraih medali emas pertama Olimpiade Tokyo dari cabor menembak (AFP PHOTO/Tauseef Mustafa)



    Jakarta: Medali emas Olimpiade 2020 Tokyo akhirnya keluar juga. Namun bukan Jepang sebagai tuan rumah yang meraihnya, melainkan Tiongkok yang berhasil merebut keping emas pertama Olimpiade Tokyo.

    Emas diraih Tiongkok dari cabang olahraga (cabor) menembak, Sabtu 24 Juli 2021. Atlet mereka, Yang Qian, mempersembahkan emas Tiongkok dari nomor 10m Air Rifle Putri.

     



    Bertanding di Asaka Shooting Range, atlet 21 tahun itu mencatatkan total 251,8 poin. Hasil ini cukup emosinal bagi Yang Qian, karena ini merupakan debutnya tampil di Olimpiade.

    Medali emas pun langsung diberikan oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach. Dia pun mengakui tak terlalu memikirkan hasil akhir pada pertandingan pagi tadi.

    "Saya sangat bangga dan senang bisa memenangkan emas ini. Saya tidak terlalu banyak berpikir selama pertandingan, karena saya sangat gugup dan jantung saya berdetak sangat cepat," ujar atlet 21 tahun itu dilansir laman resmi Olimpiade.

    Sementara medali perak cabor menembak nomor 10m Air Rifle Putri diamankan tim Komite Olimpiade Rusia (ROC). Perak dipersembahkan atlet Anastasiia Galashina dengan total 251,1 poin.

    Sedangkan medali perunggu nomor 10m Air Rifle Putri diraih atlet Swiss Nina Kristus. Dia mengantongi total 230,6 poin.

    Sayang, atlet menembak Indonesia Vidya Rafika Rahmatan Toyyiban belum bisa berbuat banyak di Olimpiade Tokyo. Dia harus puas menjalani debutnya hingga babak kualifikasi nomor 10m Air Rifle Putri.

    Atlet 20 tahun itu hanya menempati urutan 35 dari 50 penembak yang ambil bagian. Vidya total mencatatkan 622 poin dari enam set yang dialuinya.

    "Kualifikasi sudah berjalan dan lancar. Tapi, ini kan Olimpiade pertama dan saya harus belajar jadi memang harus cari pengalaman," kata atlet 20 tahun tersebut lewat keterangan resmi dari NOC Indonesia.
     
    "Tampil di Olimpiade ini ibaratnya memulai semuanya dari nol, apalagi ini nomor pertama yang aku juga mainkan di Olimpiade," lanjut Vidya.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id