Pelajar Mungil dari Pekanbaru Sabet Emas di Kejuaraan Karate Internasional

    Kautsar Halim - 17 November 2020 16:24 WIB
    Pelajar Mungil dari Pekanbaru Sabet Emas di Kejuaraan Karate Internasional
    Chania Alifia Zahra. (Foto: ANTARA/HO/MIN 1 Pekanbaru)
    Pekanbaru: Pelajar MIN 1 Pekanbaru, Chania Alifia Zahra, meraih medali emas di kejuaraan Asia Pasific Shitoryu Karate Foundation (APSKF) Virtual Competition yang berlangsung dari Kazakhstan pada 6-8 November lalu.

    Musdhalifah selaku Humas Kanwil Kemenag Riau sangat antusias menanggapi prestasi Chania yang akrab disapa Caca tersebut. Menurutnya, pencapaian itu tak lepas dari kerja keras Caca dalam berlatih. 

    "Kemudian, prestasi tersebut juga bisa memotivasi dan menginspirasi murid MIN 1 Pekanbaru lain tentunya," kata Musdhalifah di Pekanbaru, Selasa (17/11/2020).

    Caca menjadi yang terbaik di APSKF ketika tampil untuk kelas usia 8-9 tahun. Totalnya, dia bersama atlet Indonesia lain berhasil memboyong 9 emas, 11 perak dan 10 perunggu.

    Caca yang bertubuh mungil masih berusia 9 tahun dan sedang duduk di bangku sekolah kelas 4B. Dia memang dikenal kerap menyandang berbagai penghargaan karate di tingkat nasional. Pada Februari lalu di Jakarta, Caca menjadi juara 1 Kata Perorangan usia dini putri lewat Kejuaraan Nasional Karate Shindoka.

    Pandemi covid-19 bukan halangan bagi Caca untuk menjalani rutinitas latihan yang padat setiap hari. Dia tergabung dalam Perguruan Shindoka Pekanbaru dan konsisten berlatih dua kali dalam seminggu (Rabu dan Ahad).

    "Caca selalu berusaha mengikuti latihan dengan semangat. Awalnya, keinginan untuk selalu melindungi bundanya membuat Caca termotivasi untuk terus berkembang mengasah kemampuan bela diri karate. Seiring berjalannya waktu, Caca membuktikan kegiatan itu tidak sia-sia. Prestasi demi prestasi pun berhasil ia raih," papar Musdhalifah.

    Anak dari pasangan Nofrizal Chan (alm) dan Weny ini dikenal hobi menonton film kartun dan berenang. Dia bercita-cita ingin menjadi polwan dan berharap bisa mengikuti kejuaraan yang tingkatannya lebih tinggi seperti Asian Games. 

    Berbagai prestasi telah diperoleh Caca sebelum menyabet emas APSKF. Beberapa di antaranya adalah Juara 3 kumite – 20kg usia dini putri kejuaraan Karate kids championship III 2016, Juara 3 kumite -25kg usia dini putri Kejuaraan Siak Open Karate Championship 1st 2018 dan Juara 1 Kata Perorangan usia dini putri di Kejuaraan Siak Open Karate Championship 2nd 2019. (ANT)




    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id