comscore

Biaya Perawatan Arena PON dan Wisma Atlet di Papua Mencapai Puluhan Miliar

Kautsar Halim - 25 April 2022 23:30 WIB
Biaya Perawatan Arena PON dan Wisma Atlet di Papua Mencapai Puluhan Miliar
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa (ANTARA/Ardiles Leloltery)
Jayapura: Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua menyebutkan biaya pemeliharaan arena pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan wisma atlet mencapai Rp43,6 miliar setiap tahun.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Alexander Kapisa mengatakan, anggaran Rp43,6 miliar tersebut diperuntukkan untuk pemeliharaan arena pertandingan dan wisma atlet di kawasan Doyo Baru, Kampung Harapan dan Kota Jayapura.
“Untuk pembiayaan, perawatan venue di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura selama satu tahun sebesar Rp11,59 miliar,” katanya di Jayapura seperti dilansir Antara, Senin (25/4/2022).

Dia menjelaskan lebih lanjut, untuk perawatan arena pertandingan yang berada di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura menelan anggaran sebesar Rp23,4 miliar setiap tahun dan biaya pemeliharaan arena pertandingan di Kota Jayapura mencapai Rp8,5 miliar per tahun.

“Kami sudah hitung detail sekali dan semaksimal mungkin jadi total biaya perawatan venue dibutuhkan Rp 43,6 miliar dan itu wajib disiapkan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya akan menyiapkan dana Rp90 miliar setiap tahun untuk biaya perawatan dana pemeliharaan venue dan wisma atlet jika sebagian venue PON XX tidak dihibahkan kepada penerima manfaat akhir. 

“Contoh kecil seperti perawatan arena akuatik, khusus kolamnya saja (air) itu membutuhkan Rp370 juta per bulan. Jadi, setiap tahun itu sekitar Rp5 miliar,” pungkas Alexander sembari menambahkan bahwa pihaknya belum bisa membuka arena akuatik hingga hari ini karena biaya perawatan yang sangat mahal. (ANT)


(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id