Panjat Tebing: Nomor Andalan Indonesia Masuk Olimpiade Paris 2024

    Achmad Firdaus - 27 Juni 2019 23:30 WIB
    Panjat Tebing: Nomor Andalan Indonesia Masuk Olimpiade Paris 2024
    Atlet panjang tebing putri andalan Indonesia, Aries Susanti (Foto: medcom.id/A.Firdaus)
    Lausanne: Kabar gembira buat atlet-atlet panjat tebing Indonesia, khususnya di nomor speed. Musababnya, nomor tersebut akan dimasukkan dalam Olimpiade Paris tahun 2024.

    Melansir laman olympic.org, Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menyetujui masuknya empat cabor baru pada gelaran Olimpiade 2024 di Paris. Selain panjat tebing, tiga olahraga lainnya adalah break dance, skateboard, dan surfing. Persetujuan tersebut diputuskan melalui voting dalam pertemuan sesi ke-134 IOC di Lausanne, Paris, Selasa (25/6).

    Masuknya cabor panjat tebing di ajang Olimpiade memang bukan hal baru. Olahraga ini sejatinya sudah akan memulai debut pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Namun, yang dipertandingkan adalah nomor kombinasi, yakni speed, boulder dan lead, atau hanya dua medali emas yang diperebutkan (kombinasi putra dan putri).
     

    Baca: Perhelatan Olimpiade Bisa Lebih dari Satu Kota dan Negara


    Sementara di Olimpiade Paris 2024, nomor speed dibuat terpisah. Jadi, akan ada empat medali emas yang diperebutkan (speed putra/putri dan combine bouder-lead putra/putri).

    Dengan dipisahkannya nomor speed, tentu ini menjadi angin segar buat para atlet Indonesia. Seperti kita ketahui, nomor speed menjadi lumbung emas Indonesia pada ajang Asian Games 2018 dengan meraih tiga emas di nomor speed.

    Namun, kepastian dipertandingkannya nomor speed dan tiga cabor lainnya baru akan disampaikan pada Desember 2020 dalam Pertemuan Dewan Eksekutif IOC.
     

    Baca juga: Meski Sulit, Dovizioso Yakin Bisa Kejar Gelar MotoGP


    "Keempat olahraga yang diusulkan Paris semuanya sepenuhnya sejalan dengan agenda Olimpiade 2020 karena mereka berkontribusi untuk membuat program ini lebih seimbang gender dan lebih urban, serta menawarkan kesempatan untuk terhubung dengan generasi muda,” kata Presiden IOC Thomas Bach.

    Ketua II PP FPTI Pristiawan Buntoro menyambut baik kabar ini. Ia pun berharap atlet-atlet panjat tebing Indonesia bisa meraih prestasi di ajang multievent olahraga terbesar di dunia.

    "Sesuai dengan yang sudah kita sampaikan, goal kita ada di (Olimpiade) 2024. Olimpiade 2020 ini menjadi rangkaian panjang untuk medali emas 2024 (bagi Indonesia)," ujar Pris.

    Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

    Video: ?Putusan Sengketa Hasil Pilpres 2019: Jokowi-Amin Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019




    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id