PM Jepang Bisa Maklumi Penundaan Olimpiade 2020

    Kautsar Halim - 23 Maret 2020 10:24 WIB
    PM Jepang Bisa Maklumi Penundaan Olimpiade 2020
    Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. (JIJI PRESS / AFP)
    Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa Olimpiade 2020 bisa saja ditunda apabila pandemi virus korona belum teratasi. Pernyataan itu dia lontarkan kepada parlemen di Tokyo, Senin 23 Maret. 

    "Jika itu (Olimpiade) menjadi sulit (terselenggara) dan harus mempertimbangkan keselamatan atlet terlebih dahulu, mungkin menjadi tidak terhindarkan bagi kami untuk menundanya," kata Abe.

    Hingga Senin 23 Maret, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sudah ada 294.110 kasus virus korona dari 187 negara. Dan mirisnya, lebih dari 12 ribu kasus di antaranya berakhir dengan status meninggal dunia.

    Meski Abe sudah mengeluarkan pernyataan, sebagaian besar anggota parlemen Jepang tetap kukuh ingin menyelenggarakan Olimpiade sesuai jadwal, yakni pada 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang. Mereka yakin pandemi virus korona sudah teratasi saat itu. 

    Pelaksanaan Olimpiade 2020 Tokyo memang masih lama atau sekitar empat bulan lagi. Para ahli kesehatan pun punya waktu yang cukup untuk mencari solusi pandemi virus korona.

    Tapi, berbagai turnamen olahraga dunia yang menjadi persiapan dan kualifikasi Olimpiade itu sendiri sudah dihentikan sejak beberapa waktu lalu. Kemudian, mayoritas atlet dunia juga sedang mengisolasi diri agar tidak tertular virus korona. 

    Teriakan untuk menunda Olimpiade 2020 lantas mulai berdatangan dari berbagai badan olahraga negara pesertanya. Kebanyakan dari mereka tidak mau ambil risiko untuk tetap berpartisipasi karena bisa membahayakan keselamatan atlet. (ANT)




    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id