comscore

SEA Games 2021: Tekuk Filipina, Tim Bola Basket Putra Indonesia Cetak Sejarah

Kautsar Halim - 22 Mei 2022 19:57 WIB
SEA Games 2021: Tekuk Filipina, Tim Bola Basket Putra Indonesia Cetak Sejarah
Selebrasi kemenangan tim bola basket putra Indonesia atas Filipina. (ANTARA FOTO/Fauzi Saputra/app/wsj)
Hanoi: Tim bola basket putra Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan menjuarai ajang SEA Games Vietnam 2021. Itu terjadi setelah mereka memuncaki klasemen akhir dengan koleksi 12 poin dalam format turnamen round robin yang diikuti tujuh negara peserta.

Semua negara yang menjadi lawannya bisa ditaklukkan Indonesia, termasuk Filipina yang menjadi rival mereka pada laga pamungkas di Thanh Try Gymnasium, Hanoi, Minggu 22 Mei 2022. Saat itu, tim bola basket putra Indonesia keluar sebagai pemenang dengan skor 85-81.
Tim bola basket putra Filipina bukan lawan sembarangan karena sudah 18 kali meraih emas SEA Games dan berstatus sebagai juara bertahan. Tapi pada edisi kali ini, mereka harus mengakui keunggulan Indonesia sebagai juara baru bola basket di kawasan Asia Tenggara.

Indonesia belum pernah meraih medali emas bola basket putra SEA Games sejak mulai berpartisipasi pada 1977 silam. Tapi, mereka memang cukup sering finis di bawah Filipina yang punya reputasi tampil di Piala Dunia FIBA dalam beberapa kesempatan.

Pada SEA Games 2019, Indonesia bahkan harus pulang dengan tangan hampa setelah ditaklukkan Vietnam dalam perebutan medali perunggu, hasil yang terjun bebas dibandingkan perak dalam SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Kini, tim bola basket putra Indonesia yang diperkuat oleh tiga orang pemain naturalisasi, Diagne Dame, Terrell Bolden Marques, Jawato Brandon tampil digdaya dengan selalu unggul dalam setiap kuarter ketika menghadapi Filipina.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id