Simak, Ini Dia Rekor Dunia yang Tercipta di PON Papua

    Adri Prima - 15 Oktober 2021 23:26 WIB
    Simak, Ini Dia Rekor Dunia yang Tercipta di PON Papua
    Lifter putri Jawa Barat, Alfiah R Tsabitha cetak rekor dunia di PON Papua. (Antara/Nova Wahyudi)



    Jayapura: Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tak hanya mendulang kesuksesan dari sisi penyelenggaraan. Lebih dari itu, pesta olahraga terbesar tanah air tersebut bahkan sukses menciptakan rekor dunia.

    Tercatat sebanyak tiga rekor dunia lahir di PON Papua yang disumbangkan oleh lifter putri Jawa Barat, Tsabita Alfiah R yang memecahkan rekor dunia junior angkat besi. Tsabita yang turun di kelas 67 kg membuat total angkatan 212 kg memperbaiki rekor lama atas namanya sendiri yang dibuat di Tashkent, Uzbekistan, 2021, seberat 204 kg. 

     



    Dua rekor lainnya ia dapatkan di angkatan snacts dan clean and jerk. Tsabita berhasil melakukan angkatan 97 kg di nomor snacts, lebih berat 5 kg dari rekor dunia juniornya. Kemudian di angkatan clean and jerk Tsabita berhasil mengangkat beban 115 kg memecahkan rekor dirinya 114 kg. 

    Selain rekor dunia, PON Papua juga menghasilkan sebanyak 90 rekor PON atau rekor tingkat nasional. Rekor terbanyak dipecahkan di cabang renang dengan 28 rekor yang tercipta. Selain renang dan angkat besi, beberapa rekor nasional lainnya juga tercipta di cabang atletik, selam, menembak, dan angkat berat. 

    Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengapresiasi capaian atlet di PON Papua. Menurutnya, banyaknya rekor yang tercipta menjadi tolak ukur keberhasilan PON meski digelar di masa pandemi. 

    "PON XX menjadi momentum persatuan bangsa Indonesia oleh masyarakat Papua melalui olahraga prestasi. Itu membuktikan Papua bagian tidak terpisahkan dari Indonesia," kata Marciano dikutip dari Media Indonesia, Jumat, 15 Oktober 2021.

    Sementara itu, kontingen Jawa Barat akhirnya keluar sebagai juara umum di PON XX dengan koleksi 133 medali emas, 105 medali perak, dan 115 perunggu. Kontingen DKI Jakarta menempati posisi kedua dengan perolehan 110 medali emas, 91 medali perak, dan 100 perunggu.  

    Sedangkan peringkat ketiga ditempati Jawa Timur yang mengumpulkan 110 emas, 89 perak, dan 88 perunggu. Tim tuan rumah Papua mengoleksi 93 medali emas, 66 medali perak, dan 102 perunggu disusul kontingen tuan rumah (Papua) di posisi keempat

    (PRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id