Sebelum Terima Sanksi, Presiden WADA Pernah Apresiasi Indonesia

    Rendy Renuki H - 21 Oktober 2021 20:27 WIB
    Sebelum Terima Sanksi, Presiden WADA Pernah Apresiasi Indonesia
    Kantor WADA (AFP/Marc Braibant)



    Jakarta: Sebelum ramai kasus sanksi Badan Anti-doping Dunia (WADA) terhadap Indonesia, presiden WAda Wiltord Banka sempat mengapresiasi pemerintah Indonesia. Hal itu disampaikan mantan Ketua Lembaga Anti-doping Indonesia (LADI) dr Zaini Khadafi Saragih.

    Bahkan diakuinya Banka sempat mendukung pembangunan laboratorium anti-doping di Indonesia. Itu terjadi saat rapat virtual antara WADA dengan Menpora Zainudin Amali dan LADI, 6 Oktober 2020 lalu.

     



    "Jadi waktu itu saking bahagianya President WADA omongannya mengalir ya, sampai ketika Pak Menteri waktu itu menyinggung pendirian lab (anti-doping)di Indonesia dan President Banka sangat mendukung," kata Zaini di program Mata Najwa, Rabu 20 Oktober 2021.

    "Waktu itu karena saya masih jadi Ketua mendampingi. Pada saat teleconference itu Mr Banka sangat bangga dengan Indonesia," lanjutnya.

    Ketua LADI Periode 2017-2020 pun mengatakan jika WADA mengapresiasi Indonesia karena selalu patuh terhadap semua persyaratan. Sehingga, hubungan baik antara WADA, LADI, dan pemerintah Indonesia saat itu berjalan baik.

    "Beliau (Banka) memberikan apresiasi kepada pemerintah khususnya Pak Menteri karena mendukung LADI selama kepengurusan kita empat tahun. Sehingga selama empat tahun itu kita complience, semua persyaratan terpenuhi, itu terjadi bulan Oktober 2020," tegasnya.

    Menurut Zaini pada masa akhir kepengurusan 2020, LADI sudah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh WADA tentang peraturan anti-doping 2021, dan sudah diserahkan untuk persetujuan. 

    "Di akhir tugas saya itu sebenarnya ada satu tugas yang harus diselesaikan yaitu peraturan anti-doping 2021 dan Alhamdulilah itu sudah kita selesaikan dan sudah diserahkan ke WADA untuk di approved," kata Zaini.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id