Pejabat Kemenpora Diminta Konsisten Jalankan Program Prioritas 2019

    Gervin Nathaniel Purba - 18 Desember 2018 16:12 WIB
    Pejabat Kemenpora Diminta Konsisten Jalankan Program Prioritas 2019
    Menpora Imam Nahrawi memimpin rapat rapat koordinasi Evaluasi Program 2018 dan Pemantapan Program Tahun 2019. (Foto: Dok. Kemenpora)
    Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta seluruh pejabat Kemenpora untuk melaksanakan program prioritas 2019 secara konsisten dan melakukan belanja operasional seefisien mungkin.

    Hal itu disampaikan oleh Imam saat memimpin rapat koordinasi Evaluasi Program 2018 dan Pemantapan Program Tahun 2019, di Pulau Putri Resort Hotel, Kepulauan Seribu, Selasa, 18 Desember 2018.
    "Presiden RI Joko Widodo ingin belanja operasional efisien, seperti rapat, perjalanan dinas, dan sebagainya. Selain itu, Presiden juga meminta untuk fokus pada kegiatan inti, bukan kegiatan pendukung," ujar Imam. 

    Selain itu, Presiden juga meminta untuk menyederhanakan segala urusan dengan pemerintah/birokrasi; sinkronisasikan kegiatan, termasuk antara pusat dan daerah; dan tingkatkan belanja yang bisa langsung dirasakan masyarakat.

    "Sebagai contoh, Gowes Nusantara agar dikurangi biaya rapat dan perjalanan dinas pejabat, namun ditingkatkan belanja yang langsung dirasakan oleh masyarakat atau daerah yang dilalui dalam Gowes," ujarnya. 

    Imam juga menginginkan konsep mengenai hal-hal besar yang perlu dipersiapkan untuk jangka waktu yang panjang, seperti grand design mengenai prestasi olahraga, pembudayaan olahraga, industri olahraga, bonus demografi, dan pendidikan kepramukaan. 

    "Pembangunan kualitas SDM adalah fokus utama dalam rencana kerja pemerintah (RKP) 2019. Untuk pemanfaatan jabatan fungsional pelatih olahraga yang kita miliki agar segera statusnya diperjelas, hal ini berkaitan dengan masa depan mereka," kata Imam.

    Di sisi lain, pembangunan infrastruktur pemuda maupun olahraga harus dibenahi ke depannya, baik itu dalam segi pengelolaan kegiatan, pentujuk teknis pelaksanaan, pelaksanaan lelang, dan konstruksi fisik yang akan dilakukan. Selama ini, banyak anggaran yang terbuang sia-sia dan tidak bisa diserap. 

    "Harus dibenahi, karena pemanfaatan infrastruktur pemuda dan olahraga sangat diharapkan oleh masyarakat. Beberapa prioritas yang harus menjadi ikon pada 2019 diharapkan dapat terlaksana, yaitu pengembangan e-Sport, sejuta bola, pencak silat menuju Olimpiade, pengembangan industri olahraga, Iptek olahraga, dan statistik olahraga, " ucapnya.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id