Ambisi PB Wushu Mencetak Lindswell Kwok Baru

    Rendy Renuki H - 15 Juli 2020 11:22 WIB
    Ambisi PB Wushu Mencetak Lindswell Kwok Baru
    Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Airlangga Hartanto (kiri) bersama Menpora Zainudin Amali (Ist)
    Jakarta: Ketua Umum PB Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto memiliki peran besar membawa wushu Indonesia berprestasi di tingkat internasional. Selain terus memperhatikan regenerasi atlet wushu, peningkatan mutu pelatih juga menjadi konsentrasi besar pria yang ditunjuk menjadi Ketua Umum sejak 2017.

    Bukan tanpa alasan, Airlangga berambisi ingin melahirkan atlet wushu baru seperti Lindswell Kwok. Untuk itu diperlukan adanya peningkatan mutu pelatih, apalagi dengan adanya dukungan pemberian sertifikasi kepelatihan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

    "Cabor wushu adalah salah satu penggali medali emas Tanah Air dan di tangan para pelatih ini diharapkan lahir Lindswell-Lindswell baru. Semoga dari tangan pelatih-pelatih ini lahir Lindswell baru dan ada yang mendampingi Edgar. Terima kasih dan kami berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Menpora yang telah memfasilitasi pelaksanaan sertifikasi ini dan para narasumber serta panitia pelaksana," kata Airlangga. 

    Tiga tahun menjabat sebagai Ketum PBWI banyak prestasi yang sudah ditorehkan. Mulai dari SEA Games XXIX/2017, Asian Games 2018 dan SEA Games 2019 Filipina. Di SEA Games XXIX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia tim wushu tanah air berhasil memboyong tiga medali emas, tiga perak dan tiga perunggu. Saat itu Lindswell Kwok berhasil meraih medali emasnya dari nomor Taijijian (jurus pedang).

    Di ajang Asian Games 2018 saat Indonesia menjadi tuan rumah, tim wushu tanah air mampu melampaui target perolehan medali dengan berhasil mengumpulkan lima medali yang terdiri dari satu emas, satu perak, dan tiga perunggu. Medali emas kembali dikontribusikan oleh atlet senior Lindswell Kwok di nomor taijiquan dan taijijian putri.

    Seolah tak berhenti mengukir prestasi tim wushu Indonesia kembali meraih medali emas di ajang SEA Games 2019 Filipina melalui Edgar Xavier Marvelo yang merengkuh medali emas di nomor taolu kombinasi daoshu dan gunshu. Pasangan Yanti K. Isfandiari ini tak luput untuk meneruskan tradisi reward bagi para atlet dari penampilan baiknya di berbagai event regional maupun internasional. 

    Menpora juga mengucapkan terima kasih kepada cabor wushu yang terus menyumbangkan prestasi untuk merah putih. Menurutnya pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan rasa percaya diri para pelatih untuk terus melahirkan atlet-atlet muda yang memiliki potensi luar biasa.

    "Dengan sertifikat ini para pelatih akan percaya diri dan lapangan pekerjaan terbuka untuk berbagai cabang olahraga," harapnya.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id