Gelar Rakernas, FORMI Siap Ubah Jati Diri

    Rendy Renuki H - 20 Juli 2020 09:34 WIB
    Gelar Rakernas, FORMI Siap Ubah Jati Diri
    MoU FORMI dengan Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora (Ist)
    Jakarta: Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) September mendatang. Federasi yang membawahi 67 induk cabang olahraga masyarakat ini siap mengubah jadi diri.

    Pasalnya, salah satu agenda Rakernas tersebut adalah pengesahan perubahan nama dan logo baru. FORMI yang diketuai Hayono Isman berencana mengubah status dari federasi menjadi komite.

    Sehingga nantinya akan disahkan pergantian nama dari FORMI menjadi KORMI. Perubahan tersebut dilakukan agar bisa menjangkau dan memfasilitasi induk cabang olahraga masyarakat yang sifatnya nasional hingga level dunia.

    "Selain itu, di Rakernas ini kita akan membahas berbagai program terkait dengan kepentingan induk cabang olahraga masyarakat yang sekarang berhimpun di FORMI," kata Hayono Isman.

    Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu pun mengatakan akan membentuk lembaga sertifikasi tingkat dunia. Agar tiap induk cabang olahraga masyarakat yang berhimpun di FORMI bisa memiliki pelatih dan instruktur yang diakui dunia.

    "Jadi ini berada di bawah FORMI, tapi dia otonom. Komite ini melakukan sertifikasi khususnya bagi peningkatan mutu pelatih dan instruktur. Idealnya yang ingin dicapai adalah lembaga ini selain diakui oleh negara, juga akan dikaitkan dengan dunia internasional," ujar Hayono.

    "Karena ini sertifikasinya sudah tingkat dunia. Jadi ada beberapa organisasi di FORMI yang sudah mencapai sertifikasi tingkat dunia. Seperti panjat tebing ada sertifikasinya tingkat dunia, selam juga begitu, punya sertifikasi dunia," sambungnya.

    Rencana FORMI mengubah jadi diri pun didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga. Dukungan tersebut ditandai penandatanganan MoU FORMI dengan Deputi III Kemenpora, Jumat 17 Juli.

    Kepala Deputi III, Raden Isnanta berharap perubahan jati diri tersebut bisa kian menjangkau olahraga masyarakat di tingkat Kabupaten dan Kota. Agar presentase dan minat olahraga di masyarakat bisa bertambah, karena meningkatnya partisipasi masyarakat menggeluti cabang olahraga yang ada di FORMI.

    FORMI sendiri memiliki beberapa induk olahraga yang familiar di masyarakat. Mulai street soccer, bersepeda, senam, jalan sehat, hingga olahraga extreme sport yang makin banyak peminatnya.

    "Semoga organisasi di FORMI ini dari waktu ke waktu semakin bertambah di Kabupaten dan Kota. Karena itu, sering saya mengukur efek masyarakat itu dengan angka partisipasi. Makanya akan kita uji setiap kegiatan, kalau organisasi berembuk seperti ini tentu tidak langsung ke masyarakat, tapi jangka panjangnya," tutur Isnanta.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id