Pekan Olahraga Nasional XX

    Warga Kompleks SPABA Siap Pindah Bila Ada Uang Pengganti

    Roylinus Ratumakin - 21 Februari 2020 19:14 WIB
    Warga Kompleks SPABA Siap Pindah Bila Ada Uang Pengganti
    Ilustrasi Stadion Papua Bangkit yang akan menjadi salah satu venue pembukaan dan penutupan PON XX di tanah Papua. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.
    Masalah relokasi rumah warga urusan pemerintah provinsi soal pembayaran gantinya, bukan tanggung jawab PB PON 2020 Papua.

    Jayapura:
    Masyarakat yang mendiami lokasi sekitar Stadion Papua Bangkit (SPABA) siap jika pemerintah merelokasi rumah mereka. Warga siap mendukung pemerintah dalam melakukan penataan kawasan di sekitar stadion utama untuk pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 itu.

    Ketua Harian Pengurus Besar (PB) PON 2020 Papua Yunus Wonda, mengatakan 23 rumah warga di sekitar lokasi SPABA bersedia, jika pemerintah yang merelokasi. Pemerintah provinsi harus menyiapkan biaya ganti rugi dulu.

    “Terkait relokasi warga di Kompleks Stadion Papua Bangkit, sebenarnya mereka sudah siap. Tetapi sekarang yang menjadi pertanyaan apakah pemerintah provinsi sudah siap (membayar ganti rugi atau) tidak? Sebab ini bukan menjadi tanggung jawab PB PON Papua, tetapi pemerintah daerah,” kata Yunus, Jumat 21 Februari 2020.

    Dikatakan, relokasi bisa dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Pasalanya seluruh proses pembangunan dan penyiapan venue, mesti rampung sebelum Juli 2020.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen, menyatakan segera mengkonsolidasikan upaya relokasi tersebut, agar dapat rampung secepatnya.

    “Nanti kami segera konsolidasi agar penataan (kawasan) oleh Kementerian PUPR bisa cepat berlangsung,” ujar Hery.

    Sebelumnya, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo berharap, Pemprov Papua segera merampungkan relokasi warga yang tinggal di kawasan SPABA. Bila tuntas, pihaknya segera mendorong penataan kawasan tersebut.

    “Kami mau tata kawasan, tapi masih ada rumah warga. Untuk itu, kami minta dukungan dan bantuan Pemprov Papua untuk menuntaskan relokasi,” kata Wetipo. (Roylinus Ratumakin)

    Video: Jelang PON 2020, Klub Basket Selebriti Jajal Mimika Sport Complex




    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id