Aries Susanti Bertekad Bawa Indonesia Lolos Olimpiade Lewat Panjat Tebing

    Ahmad Mustaqim - 30 Maret 2019 13:14 WIB
    Aries Susanti Bertekad Bawa Indonesia Lolos Olimpiade Lewat Panjat Tebing
    Aries Susanti Rahayu (Foto: Medcom/Ahmad Mustaqim)
    Yogyakarta: Atlet panjat tebing Indonesia, Aries Susanti Rahayu bertekad membawa negaranya tampil di ajang olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Misi itu ia bawa sejak menjalani pemusatan latihan yang digelar di Yogyakarta. 

    Aries memiliki modal besar untuk mewujudkan tekadnya itu. Perempuan kelahiran Grobogan, Jawa Tengah ini telah mendulang berbagai macam prestasi di ajang internasional, baik kejuaraan dunia panjat tebing hingga yang teranyar dua emas Asian Games 2018.  

    "Target berikutnya menjalani pelatnas untuk Olimpiade 2020. Kami harus terus bekerja keras," ujar Aries di salah satu hotel di Jalan Menteri Supeno Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Jumat (29/3/2019).

    Baca: Giliran Dovizioso Kuasai Sesi Latihan


    Dalam kariernya, Aries pernah meraih tiga medali emas secara beruntun pada 2018. Tiga emas dalam ajang kejuaraan dunia panjat tebing itu seluruhnya digelar di Tiongkok. Teranyar, dua medali emas Aries persembahkan dari nomor speed perorangan dan speed beregu pada gelaran Asian Games 2018. 

    Bagi Aries, seluruh prestasi yang diperoleh tak dilakukan dengan mudah. Perlu proses panjang dan kerja keras. "Berat menjalaninya. Saat mendapat medali, bangga. Seperti ini yang diimpikan orang banyak," kata dia. 

    Mantan atlet lari ini menilai perjuangan atlet-atlet Indonesia akan berat tiap periodenya. Sejumlah negara sudah dipastikan melakukan persiapan dari hasil kejuaraan yang dilalui. 

    Sejumlah lawan berat yang Aries lihat di antaranya Prancis, Rusia, Polandia, dan Tiongkok. "Kami akan lakukan bertahap, bisa lolos praolimpiade dan lolos olimpiade," ujarnya.

    Baca: Empat Tim Berebut ke Final Liga Futsal 2019 

     
    Hanya dengan pencapaian maksimalkan jerih payah atlet bisa berkesan bagi semua pihak. Apalagi, memang kejuaraan dunia panjat tebing juga yang pertama Aries rasakan. Maklum, Aries sebelumnya mengawali karier sebagai atlet lari saat masih duduk di bangku SD-SMP. 

    Namun, situasi itu berubah ketika ia masuk SMA. Ia menuruti saran guru untuk mencoba menjadi atlet panjat tebing.

    Dengan karier yang berliku, ia hanya ingin bisa memberikan yang terbaik bagi negara. Bermodal kerja keras latihan dan niat, Aries bertekad terus memberikan yang terbaik. "Harus tetap percaya diri dan yakin," tuturnya.


    Video: Pengorbanan Roger Federer sebagai Petenis Dunia

     



    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id