Pekan Olahraga Nasional XX

    Tak Ada Cabor PON Digelar di Luar Papua

    Roylinus Ratumakin - 10 Februari 2020 17:43 WIB
    Tak Ada Cabor PON Digelar di Luar Papua
    Stadion Papua Bangkit salah satu venue yang akan digunakan sebagai pembukaan dan penutupan PON XX. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.
    Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal sempat menegaskan, pelaksanaan PON XX/2020 tetap dilaksanakan di Papua.

    Jayapura: Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua menolak tegas rencana pemerintah pusat untuk mempertandingkan 10 cabang olahraga (cabor) di luar Papua. Ke-10 cabor tersebut adalah balap sepeda, bridge, kriket, dansa, gateball, pentaque, ski air, soft tenis, tenis meja, woodball.

    Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda, mengatakan cara (model) ini harus dihentikan, karena apa yang sudah dipersiapkan Papua adalah kesanggupan tuan rumah, harusnya provinsi lain bangga karena salah satu provinsi di ufuk timur dengan segala keterbatasan memiliki niat besar gelar PON.

    “Jadi kalau hari ini ada wacana, beberapa cabor PON akan diselenggarakan di luar Papua itu sudah tidak benar, sekalipun nanti ada peraturan yang dikeluarkan presiden, tetapi mari hargai kami sebagai tuan rumah,” kata Yunus kepada Medcom.id, Senin, 10 Februari 2020.

    Menurut Yunus, jika pemerintah ingin menerapkan cara seperti tersebut, silakan terapkan di PON berikutnya, jangan sekarang.

    “Biarkan konsentrasi seluruh provinsi (untuk PON) hanya ke Papua, sebab dari keterbatasan Papua siap melaksanakan dan siap menjadi tuan rumah yang baik,” ujarnya.

    Dikatakan, Papua sangat aman dalam menyelenggarakan PON XX,

    “Jangan percaya isu-isu yang beredar karena seluruh masyarakat Papua menjamin keamanan seluruh tamu yang akan datang di Bumi Cenderawasih,” katanya.

    Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal menegaskan, pelaksanaan PON XX/2020 tetap akan dilaksanakan di Papua.

    “Saya mau tegaskan sekali lagi, bahwa PON tetap di Papua, tidak ada di provinsi lain,” kata Klemen.

    Klemen menjelaskan, Rapat Terbatas (Ratas) membahas bahwa Surabaya siap menjadi tuan rumah 10 cabor tanpa membebankan siapapun. Klemen tidak mempermasalahkan itu, asal tidak dianggap bagian dari PON 2020.

    “Silakan mau dinamakan apa kejuaraan itu. Tetapi intinya, kalau mau ikut PON, maka datanglah ke Papua. Kejuaraan itu hanya hiburan kepada mereka. Saya tekankan, perolehan medali di 10 cabor itu bukan berasal dari PON Papua,” tegas Klemen.

    Video: Menpora Tinjau Fasilitas dan Kesiapan Pelatnas PBSI




    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id