Penghormatan Menpora untuk Mendiang Bob Hasan

    Patrick Pinaria - 31 Maret 2020 15:26 WIB
    Penghormatan Menpora untuk Mendiang Bob Hasan
    Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)
    Jakarta: Kabar duka menghampiri atletik Indonesia. Mereka harus kehilangan Bob Hasan. Ketua PB PASI itu meninggal dunia pada Selasa 31 Maret.

    Bob meninggal dunia di RSPAD, Jakarta pada pukul 11.00 WIB. Kanker paru-paru menjadi penyebab pria yang dijuluki Bapak Atletik Indonesia itu wafat.

    Kabar Bob meninggal dunia lantas menjadi duka mendalam bagi publik olahraga Indonesia. Salah satunya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

    "Innalillahi wa innailaihi rojiun. Pertama tentu saya sangat berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Mohammad Bob Hasan. Sebulan yang lalu waktu Beliau masih berobat di Thailand sempat mengobrol dengan saya lewat telepon," ujar Zainudin.

    Lebih lanjut, Zainudin mengaku terkesan dengan Bob. Terutama pada pengalamannya selama memimpin PB PASI.

    "Jasa beliau untuk olahraga di Indonesia sangat luar biasa khususnya untuk cabor atletik. Saat setelah tiga hari dilantik menjadi Menpora, saya mendatangi tempat pelatnas atletik yang sedang persiapan untuk ke SEA Games di Filipina," lanjut Zainudin.

    "Saat itu, saya ngobrol lama lebih dari sejam dengan Pak Bob. Beliau bercerita panjang lebar tentang suka duka mengurus cabor khususnya atletik. Kesan saya ketika itu bahwa ia adalah orang tua yang hebat. Sudah seusia yang sepuh seperti itu, beliau masih mau tiap hari datang ke lapangan Madya Senayan menemani pelatih, atlet, dan pengurus cabor," tuturnya.

    "Saya dan seluruh masyarakat di Tanah Air khususnya seluruh stakeholders olahraga pasti merasakan kesedihan yang mendalam dan kehilangan atas kepergian Beliau menghadap keharibaan sang penciptanya. Selamat jalan Pak Bob Hasan. Semoga Allah SWT menerima segala amal kebaikannya dan almarhum husnul khotimah," tutup Zainudin.

    Bob sudah memimpin PASI sejak 1976. Ia menggantikan Sayidiman Suryohadiprojo saat itu. 

    Sejak itu, posisi Bob tak tergantikan sebagai ketua PASI. Kepedulian dan kecintaan terhadap atletik Indonesia menjadi salah satu faktor terus mendapat kepercayaan memimpin PASI hingga saat ini. Bahkan, Bob diberikan gelar 'Bapak Atletik Indonesia'.

    Pada masa kepemimpinan Bob, PASI menelurkan atlet-atlet berprestasi. Bukan hanya level nasional, tetapi juga sampai ke level internasional. Di antaranya adalah Purnomo Yudhi, Mardi Lestari, Suryo Agung, Triyaningsih, Maria Londa, dan Lalu Muhammad Zohri.


    Video: Bintang NBA Kevin Durant Terinfeksi Covid-19

     



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id