Dana Pelatnas Olimpiade Aman Meski Anggaran Dipotong

    Rendy Renuki H - 12 Mei 2020 09:00 WIB
    Dana Pelatnas Olimpiade Aman Meski Anggaran Dipotong
    Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto (Medcom.id/Rendy Renuki H)
    Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjamin dana Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Olimpiade Tokyo tetap aman, meski anggaran dari pemerintah dipotong.

    Pemerintah memutuskan memotong anggaran yang ada di Kemenpora sebesar Rp500 miliar. Pemotongan dilakukan pada anggaran yang tak bisa diserap dalam kegiatan macam Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua dan Olimpiade Tokyo.

    Namun Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menjamin anggaran pelatnas Olimpiade tak terganggu. Apalagi gelaran Olimpiade Tokyo ditunda menjadi 2021 akibat pandemi Covid-19.

    "Uang Pelatnas tak terpengaruh, justru pengaruhnya karena protokol Covid-19. Artinya, mereka belum bisa pelatnas seperti kondisi normal," kata Gatot saat dihubungi awak media, Senin 11 Mei.

    "Misalnya, panahan. Perpani belum melakukan penandatanganan MoU dengan Kemenpora. Jadi hanya tinggal tunggu waktu saja masalah duitnya tetap ada, tidak diutak-atik," sambungnya.

    Pemerintah melalui Komisi X DPR RI telah bersepakat dengan Kemenpora melakukan pemotongan anggaran 2020 yang berjumlah Rp1.738.476.155.000 menjadi Rp1.173.661.690.000.

    Pemotongan itu mengacu Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No.189.1/KMK.02/2020 tentang perubahan rincian anggaran belanja pemerintah pusat tahun anggaran 2020. 

    Pemotongan dilakukan dari dana PON Papua dan Olimpiade Tokyo yang ditunda ke 2021. Di mana PON Papua akan digelar pada Oktober 2021, sedangkan Olimpiade Tokyo rencananya bergulir pada 23 Juli 2021.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id