Pekan Olahraga Nasional XX

    Menpora Beri Sinyal Jatim Tuan Rumah Pendamping PON 2020

    Amaluddin - 17 Februari 2020 21:26 WIB
    Menpora Beri Sinyal Jatim Tuan Rumah Pendamping PON 2020
    Menpora Zainudin Amali saat berdiskusi dengan Rektor Unesa Nurhasan di Gedung Fakultas Ilmu Olahraga Unesa. (Medcom.id/Amal)
    Kampus Unesa yang memiliki berbagai fasilitas olahraga memadai, juga menuai pujian karena pembangunan olahraga di Jatim lebih maju dari provinsi lainnya. 

    Surabaya: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberi sinyal, Provinsi Jawa Timur menjadi tuan rumah pendamping sejumlah cabang olahraga (cabor) PON XX 2020. Isyarat disampaikan Menpora saat berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur, Senin 17 Februari 2020.

    Menpora saat melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Lidah Wetan, Surabaya, sempat berdiskusi dengan Rektor Unesa Nurhasan dan sejumlah dosen olahraga di salah satu ruangan di Gedung Fakultas Ilmu Olahraga Unesa.

    Menurut Zainudin, diskusi terkait program Unesa. "Kami mau tahu apa saja yang ada di sini, dan program apa saja ke depannya?. Selanjutnya kami akan mendorong supaya Unesa menjadi pusat sport science (ilmu olahraga) nasional," ujar Zainudin.

    Kampus Unesa memang memiliki sejumah fasilitas olahraga lengkap, yang diyakini siap menggelar tujuh dari 10 cabang olahraga (cabor) yang dicoret Papua sebagai tuan rumah. Yakni untuk bridge, dansa, gateball, petanque, soft tennis, dan tenis meja.

    Menurut Zainudin, kampus Unesa sudah memiliki berbagai fasilitas olahraga memadai. Ia memuji pembangunan olahraga di Jatim yang lebih maju dari provinsi lainnya. 

    "Saya senang pembangunan olahraga di Jatim lebih maju. Semangat Bu Gubernur luar biasa, semangat DPR dan Pak Rektor juga. Bahkan nanti, ada kegiatan-kegiatan nasional akan kami tempatkan di Jatim," ujarnya.

    Meski tidak menyatakan secara spesifik, bahwa Unesa akan menjadi salah satu venue penyelenggaraan sejumlah cabor PON XX 2020 di Jatim, pernyataan Zainudin seolah isyarat, Jatim siap jika ditunjuk menjadi tuan rumah pendamping PON tahun ini.

    Seperti diketahui, ada 37 cabang olahraga (cabor) PON 2020 yang akan digelar di Papua. Namun, 10 cabor dicoret karena Papua tidak mampu menggelarnya. Informasi yang beredar, Zainudin dan Khofifah telah membahas soal itu.

    Bahkan, Khofifah merekomendasikan Unesa sebagai venue untuk tujuh cabor yang ada. Karena itulah Menpora berkunjung ke Unesa. 

    "Unesa sih sudah cukup lengkap sebagai perguruan tinggi. Saya kira ini sudah bisa jadi acuan sebagai pusat sport science. Karena kita (Indonesia) tertinggal betul dari negara-negara lain. Saya minta Unesa jadi pelopor," ujar Menpora.

    Berkaitan dengan PON Papua 2020, Menpora menampik bahwa ada ketidaksiapan pemerintah Papua menjadi tuan rumah. Dia tegaskan, progres pembangunan venue di Papua sudah bagus. "Saya baru pulang dari sana (Papua). Progres pengerjaan venue, pengerjaan tempat akomodasi, semuanya oke. Saya kira Papua siap untuk menjadi tuan rumah," kata Zainudin.

    Menpora juga memastikan, selama di Papua, dia berkeliling ke sejumlah klaster, baik ke Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Klaster Merauke, juga ke Klaster Timika. Keempat klaster itu memang akan menjadi venue PON nanti.

    "Progresnya bagus, ada yang sudah 85 persen. Ada yang jalan, tapi masih bergantung cuaca. Misalnya membangun trek balap motor, itu sangat tergantung cuaca. Tetapi semuanya, sebelum test event ini, sudah selesai," pungkasnya.

    Dalam kunjungan ke Unesa, Menpora didampingi sejumlah Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur.

    Video: Jelang PON 2020, Klub Basket Selebriti Jajal Mimika Sport Complex




    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id