Bintang NBA Berbagi Tips Berolahraga Sambil Berpuasa

    Rendy Renuki H - 04 Mei 2021 23:58 WIB
    Bintang NBA Berbagi Tips Berolahraga Sambil Berpuasa
    Enes Kanter (Steph Chambers / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)



    Jakarta: Berolahraga sambil berpuasa tentunya menjadi tantangan tersendiri. Namun, ibadah puasa bukan menjadi halangan untuk tetap menjaga kesehatan fisik.

    Seperti yang dilakukan para bintang NBA yang beragama muslim dengan tetap berpuasa saat bertanding. Mereka adalah pebasket Boston Celtics Tacko Fall dan Enes Kanter, serta pemain Portland Trail Blazers Jusuf Nurkic.






    NBA pun mendukung para pemain muslim dengan meluncurkan gerakan #NBAFastBreak. Gerakan itu memberikan informasi dan tips berolahraga saat berpuasa.

    Berikut di antaranya:

    1. Memilih Waktu yang Tepat

    Saat ingin berolahraga sambil berpuasa, hal penting yang harus kamu tentukan adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Jika kamu berolahraga pada saat perut kamu kosong dan jarak untuk makan masih terlalu jauh, maka akan membahayakan tubuh.

    Lebih baik olahraga dilakukan saat menjelang berbuka puasa. Sehingga, kamu bisa langsung minum dan makan untuk mengisi energi setelah mengeluarkan keringat dan tenaga.

    Kamu cukup ambil kurang lebih 60 menit sebelum berbuka. Kamu juga bisa melakukannya setelah berbuka puasa, tetapi kamu harus pastikan tubuh kamu sudah mencerna dengan baik makanan yang baru saja masuk.

    2. Perhatikan Asupan Saat Sahur

    Asupan yang akan dikonsumsi sangat penting untuk memastikan tubuh memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas seharian ditambah dengan berolahraga. Maka dari itu, Sahur sangat krusial dan tidak boleh diremehkan apa lagi dilewatkan.

    Pastikanlah makanan yang kamu konsumsi memberikan cukup nutrisi dan energi. Pemain Portland Trail Blazers, Enes Kanter memberikan saran untuk tetap makan makanan yang berat, seperti dirinya yang mengkonsumsi kurma, minuman berprotein, granola bar, dan pasta.

    "Saat saya meminta nasihat kepada legenda NBA Hakeem Olajuwon, ia mengatakan ia hanya makan kurma, oatmeal, dan satu liter air mineral di saat Sahur," kata Enes. 

    "Saya pun takjub dan penasaran 'bagaimana dia melakukannya bahkan bisa memenangkan pertandingandan menjadi MVP?'. Namun, bagi saya, saya akan memastikan tubuh saya mendapatkan banyak makanan agar tidak lapar selama seharian," sambungnya.

    3. Berlatih Berpuasa

    Berlatihlah berpuasa dan berolahraga di waktu yang bersamaan sebelum Ramadan tiba. Tujuannya adalah untuk membiasakan tubuh kita beraktivitas termasuk berolahraga di saat harus menahan lapar dan haus.

    Hal ini juga menjadi cara Enes mampu bertahan dalam pertandingan NBA hingga selesai saat berpuasa. "Biasanya saya mempersiapkan diri dengan berpuasa satu sampai dua hari seminggu pada saat musim reguler NBA atau sebelum bulan Ramadan tiba," katanya.

    Kamu juga bisa mencobanya dengan hal yang sama. Latihlah tubuh kamu dengan mencoba berpuasa. Cobalah mulai berpuasa beberapa hari sejak satu sampai dua bulan mendekati bulan Ramadan. Lalu, pilihlah satu atau dua hari dalam seminggu untukberpuasa dan berolahraga. 

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id