Mengenal Airlangga Hartarto sebagai Pembina Olahraga Berprestasi

    Kautsar Halim - 10 September 2020 13:17 WIB
    Mengenal Airlangga Hartarto sebagai Pembina Olahraga Berprestasi
    Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
    Jakarta: Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto, mendapat penghargaan sebagai Pembina Olahraga Berprestasi dari Kemenpora pada Hari Olahraga Nasional (Haornas), Rabu 9 September. Dia sukses menjadikan wushu sebagai andalan Indonesia dan punya sifat seperti tokoh legendaris di film kungfu, IP Man.

    Airlangga "IP Man" Hartarto dikenal sebagai sosok pendekar kungfu sejati. Tampil low profile, sifatnya ramah, lembut dan sangat mengedepankan kesatuan dan persatuan. Film IP Man 3 yang dibintangi Donnie Yen mirip dengan perjuangannya memajukan prestasi olahraga wushu atau kungfu di Indonesia. 

    Pemahamannya tentang seluk beluk dunia wushu tidak perlu diragukan lagi karena dia sudah berlatih kungfu sejak muda bersama Sekjen PB. WI Ngatino di GOR Bulungan, Jakarta Selatan.

    Pola pendekatan dan merangkul semua aliran dilakukannya saat mengakomodir berbagai aliran kungfu, terutama wingchun. Kemudian, dia juga aktif menyelenggarakan berbagai kejuaraan tradisional kungfu.

    Komitmen luar biasa tetap ditunjukkan meski Airlangga menjalani kesibukan sebagai Menteri Perindustrian pada Kabinet Kerja 1 maupun sebagai Menko Perekonomian pada Kabinet Kerja II Presiden Joko Widodo. 

    Sejak memimpin PB WI pada 2017 silam, Airlangga mampu menjadikan atlet wushu Indonesia meraih prestasi di berbagai ajang internasional, seperti SEA Games 2017, Asian Games 2018 dan SEA Games 2019. 

    Pemahaman terhadap pembinaan olahraga yang berjenjang dan berkesinambungan ta? luput dari perhatiannya. Program regenerasi atlet wushu dan peningkatan kualitas pelatih menjadi prioritas dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan prestasi wushu ke depan. 

    Kecintaan terhadap olahraga beladiri juga ditunjukkannya dengan menjadi Pembina Pengurus Pusat Kick Boxing Indonesia (PP KBI). Dia mendukung keinginan cabang olahraga kick boxing meraih prestasi pada SEA Games Vietnam 2021.

    Berikut prestasi tim wushu Indonesia di bawah kepemimpinaan Airlangga Hartanto:

    - SEA Games 2017: 3 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu
    - Asian Games 2018: 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu (melampaui target)
    - SEA Games 2019: 2 emas
    - Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2018: 1 emas, 4 perak, 5 perunggu
    - Kejuaraan Dunia Wushu 2019: 3 emas dan 1 perunggu




    (KAH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id