Apa Itu Blitz Chess? Duel Catur yang akan Dimainkan Irene Vs GothamChess

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 31 Maret 2021 16:44 WIB
    Apa Itu Blitz Chess? Duel Catur yang akan Dimainkan Irene Vs GothamChess
    GM Irene tantang Gothamchess. (instagram @irenesukandar)



    Jakarta: Pecatur nasional WGM Irene Sukandar akan berduel dengan pecatur Amerika Serikat, IM Levy Rozman alias GothamChess, Rabu 31 Maret 2021. Duel tersebut akan digelar di Twitch.

    Lewat akun instagramnya @irenesukandar, dia mengumumkan duel tersebut akan berlangsung pukul 22.00 WIB. Laga catur ini bisa disaksikan secara daring melalui tayangan live streaming.






    Dalam poster yang diunggah Irene duel ini akan berlangsung dalam permainan Blitz Chess. Versi permainan ini lebih dikenal dengan sebutan catur cepat atau kilat.

    Blitz Chess merupakan salah satu versi dari banyak permainan catur. Versi ini diketahui berasal dari India.

    Dalam Blitz Chess, setiap pecatur dituntut untuk berpikir dengan cepat. Untuk permainan ini, mengacu Federasi Catur Dunia (FIDE), waktu kontrol yang diberikan kepada setiap pecatur di kategori ini tidak lebih dari 10 menit.

    Permainan ini juga bisa memakai formula 5 menit dengan tambahan waktu pikir 3 detik setiap langkahnya. Atau berlangsung 3 menit dengan tambahan waktu pikir 2 detik.

    Sesuai namanya, versi catur kilat tidak akan memakan waktu lama. Maksimal hanya butuh waktu antara tujuh hingga 12 menit untuk mengetahui pemenangnya.

    Lalu bagaimana kemampuan keduanya di permainan Blitz? Melansir lama FIDE, ternyata Levy Rozman lebih tinggi dari Irene. Tercatat, rating Levy adalah 2376 sedangkan Irene 2313.

    Namun, secara keseluruhan pecatur 28 tahun itu lebih unggul dari GothamChess. Irene punya rating 2413 sementara GothamChess 2343.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id