BOPI Dibubarkan, Pemerintah Harus Tetap Perhatikan Industri Olahraga

    Gregorius Gelino - 29 November 2020 21:10 WIB
    BOPI Dibubarkan, Pemerintah Harus Tetap Perhatikan Industri Olahraga
    Ketua BOPI, Richard Sam Bera (Medcom.id/Rendy Renuki)
    Jakarta: Menanggapi keluarnya Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2020 Tentang Pembubaran (salah satunya) Badan Olahraga Profesional Indonesia, secara organisasi BOPI menerima keputusan yang diambil oleh Presiden Republik Indonesia, karena BOPI merupakan lembaga bentukan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

    Akan tetapi Ketua Umum BOPI Richard Sam Bera mengharapkan agar tetap ada yang memperhatikan industri olahraga profesional di Indonesia, terutama cabang-cabang olahraga profesionalnya.

    Industri olahraga profesional saat ini sedang mengalami perkembangan pesat dan pantas diberikan perhatian penuh karena cabor-cabor pro ini juga mempunyai andil dalam perkembangan ekonomi Indonesia, menjadi sumber mata-pencaharian atlet-atlet, dan mengangkat harkat dan martabat Indonesia di dunia internasional.

    "Saat ini industri olahraga profesional di Indonesia sedang berkembang pesat dan pemerintah harus tetap hadir di sana untuk menjaga industri tersebut tetap berkembang dengan baik, fair bagi semua yang terlibat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, meski BOPI saat ini dibubarkan," ujar Richard.

    Ke depan, lembaga atau badan apapun yang akan dipercaya menjadi pembina industri olahraga profesional, hendaknya mendapat landasan dan kewenangan hukum yang jelas dan tepat dalam menjalankan tugasnya, sehingga industri olahraga profesional dan cabang-cabang olahraga profesional di dalamnya dapat berkembang lebih baik dan lebih jauh lagi.

    "Semoga setelah BOPI dibubarkan, pemerintah tetap membina industri olahraga profesional dengan kewenangan yang jelas, apapun bentuk lembaga atau badan itu nantinya, untuk tetap menjamin perkembangan industri dan cabor-cabor olahraga profesional Indonesia," tambah Richard yang juga Olimpian Indonesia ini.

    "Saya mewakili semua pengurus BOPI, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkoordinasi, mendukung dan membantu kami dalam menjalankan tugas selama ini," papar Richard.

    "Kami juga mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan dalam kami menjalankan tugas. Semoga apa yang sudah kami lakukan selama ini, bermanfaat bagi industri olahraga profesional Indonesia," tutupnya.

    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id