comscore

Tekuk Krosia, Rusia Juara Piala Davis 2021

Kautsar Halim - 06 Desember 2021 10:12 WIB
Tekuk Krosia, Rusia Juara Piala Davis 2021
Selebrasi kemenangan timnas tenis Rusia di Piala Davis 2021. (Foto: OSCAR DEL POZO / AFP)
Jakarta: Federasi Tenis Rusia berhasil menaklukkan Kroasia dengan skor 2-0 pada final Piala Davis 2021 yang berlangsung di Madrid, Senin 6 Desember dini hari WIB. Rusia harus menunggu 15 tahun untuk keluar sebagai juara dan mereka artinya sudah mengoleksi tiga Piala Davis.

Juara US Open Daniil Medvedev memastikan kemenangan Rusia dengan menaklukkan wakil Kroasia Marin Cilic pada laga kedua dengan skor 7-6(7), dan 6-2. Meski hanya membutuh dua set untuk menutup laga, Medvedev tetap harus menunjukkan permainan terbaiknya ketika menghadapi Cilic.
Cilic sempat di atas angin ketik melancarkan  sembilan pukulan forehand dan memenangi hampir tiga perempat poin servisnya. Penonton yang terkesima di Madrid Arena menjadi hening saat pertandingan memasuki tiebreak, dan Medvedev menggunakan pukulan backhand untuk set pertama.

Cilic sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan ketika memainkan set kedua karena Medvedev bisa mematahkan servisnya pada gim keempat sebelum menyelesaikan pertandingan dengan hanya kehilangan satu poin dari servis pertamanya.

"Saya lebih bahagia untuk tim daripada untuk diri saya sendiri. Saya senang menjadi bagian dari tim ini dan bisa memberi poin," kata Medvedev mengomentari hasil laga seperti dikutip dari Reuters.

Medvedev mendapat tepuk tangan meriah dari penonton dan berdamai dengan fans Spanyol setelah sepekan bermusuhan usai Rusia menyingkirkan tuan rumah di babak penyisihan grup. Menurut dia, jalannya turnamen tetap menarik.

"Saya menyukai atmosfernya. Ini adalah dua pekan yang sangat menakjubkan karena tidak pernah mudah untuk tampil pada akhir musim dan berkompetisi di sini. Yang pasti, ini adalah dua pekan terbaik dalam karier saya," tutup Medvedev.

Sebelum lewat Medvedev, Rusia sudah membuka keunggulan melalui petenis ranking lima dunia Andrey Rublev yang mengalahkan mengalahkan Borna Gojo dengan skor 6-4 dan 7-6(5) pada laga pertama.

Tiga gelar Piala Davis yang dikoleksi Rusia telah menyamai milik Republik Ceko dan Jerman yang berada di tempat  ketujuh dalam daftar pemenang Piala Davis sepanjang masa. Selain itu, Rusia juga menjadi negara keempat yang bisa memenangi gelar Piala Davis dan Piala Billie Jean King pada tahun yang sama. (ANT)


(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id