Anggota IOC Lempar Wacana Pembatalan Olimpiade Tokyo

    Rendy Renuki H - 27 Februari 2020 15:59 WIB
    Anggota IOC Lempar Wacana Pembatalan Olimpiade Tokyo
    Logo Olimpiade 2020 Tokyo (Tokyo2020.org)
    Jakarta: Salah seorang anggota senior Komite Olimpiade Dunia (IOC) melempar wacana pembatalan Olimpiade 2020 Tokyo. Wabah virus korona menjadi alasan utama wacana pembatalan multievent internasional yang dimulai 24 Juli hingga 9 Agustus.

    Dick Pound, anggota senior IOC menilai keputusan pembatalan tersebut harus diambil setidaknya tiga bulan dari sekarang. Namun ia menegaskan jika pembatalan menjadi keputusan yang paling memungkinkan daripada penundaan.

    "Dalam periode itu, orang-orang harus bertanya 'Apakah ini dalam kendali yang cukup, sehingga dapat meyakinkan pergi ke Tokyo atau tidak?'," ujar Pound kepada AP dilansir dari Nikkei.

    "Banyak hal yang akan terjadi. Anda harus mulai meningkatkan kewaspadaan Anda, wisma atlet, hotel-hotel, awak media yang membangun studio di sana. Anda mungkin melihat pembatalan," sambungnya.

    Pound mengatakan IOC akan bergabtung kepada hasil konsultasinya dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menentukan langkah. Namun ia memastikan jika kecil kemungkinannya mengambil keputusan penundaan ketimbang pembatalan.

    Apalagi waktu yang tersisa saat ini membuat wacana penundaan terasa berat. Pasalnya banyak yang harus dipersiapkan tuan rumah untuk menggelar ajang sekelas Olimpiade, tak hanya sebatas venue.

    "Karena ada beberapa tempat di dunia yang bisa memikirkan untuk mempersiapkan fasilitas dalam waktu singkat. Sulit untuk memindahkan berbagai cabang olahraga yang akan bertanding selama 17 hari dengan pemberitahuan hanya beberapa bulan," pungkasnya.

    Wabah virus korona memang cukup berimbas kepada penyelenggaraan ajang olahraga. Terbaru, Jerman memutuskan membatalkan ajang bulu tangkis Jerman Open 2020 demi mengantisipasi penyebaran virus yang muncul pertama kali di Wuhan, Tiongkok.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id