Proliga 2019

    Putra Jakarta BNI 46 Pastikan Tempat di Grand Final Proliga 2019

    Daviq Umar Al Faruq - 15 Februari 2019 18:14 WIB
    Putra Jakarta BNI 46 Pastikan Tempat di Grand Final Proliga 2019
    Ekspresi kegembiraan para pemain Jakarta BNI 46 usai mengalahkan Surabaya Samator dan memastikan lolos ke Grand Final Proliga 2019. (Foto: medcom.id/Daviq Umar)

    Tak tanggung-tanggung, Tim Putra Jakarta BNI 46 memastikan tiket di babak grand final dengan mengalahkan juara bertahan, Surabaya Samator. BNI 46 menang telak 3-0.


    Malang: Tim putra Jakarta BNI 46 memastikan satu tempat di babak grand final Proliga 2019 yang bakal digelar di GOR Among Rogo, Yogyakarta, 23-24 Februari 2019 mendatang.

    Raihan itu didapat setelah BNI 46 menaklukkan juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator 3-0 (25-19, 25-17, 25-18) pada laga perdana babak final four putaran kedua di GOR Ken Arok, Malang, Jumat 15 Februari 2019. 

    Pada laga pembukaan itu BNI 46 memulai set pertama dengan percaya diri, setelah berhasil menyapu bersih putaran pertama final four. Mereka pun bermain apik dan mampu mengamankan set pertama 25-19.
     

    Baca: Menpora Sampaikan Bela Sungkawa atas Meninggalnya Purnomo Yudhi


    Memasuki set kedua Bhayangkara Samator masih belum mampu keluar dari tekanan. Mereka masih tak mampu mengembangkan permainan hingga BNI 46 pun mampu mengambil set kedua dengan 25-17.

    Bhayangkara Samator sendiri baru memiliki satu kemenangan pada final four putaran pertama di Kediri. Sehingga, seharusnya mereka mampu mencuri poin di putaran kedua ini untuk bisa mengamankan posisinya. 

    Namun hingga set ketiga, Bhayangkara Samator tetap tak mampu mengobrak-abrik pertahanan BNI 46. Berbagai kesalahan pun terus dilakukan oleh Randy Tamamilang dan kawan-kawan sehingga mereka harus menyerah 18-25.

    Pelatih Jakarta BNI 46, Samsul Jais mengaku cukup puas dengan hasil kemenangan ini. Namun hasil ini diakuinya bukan murni karena keunggulan anak asuhnya.

    "Tidak bisa dipungkiri bahwa performance ditentukan oleh kondisi fisik dan mental, saya yakin kondisi fisik lawan habis, ini yang menjadi fokus kami, tapi ketika kami main bola tinggi malah kita bunuh,” katanya usai laga.

    Meski sudah memastikan lolos ke grand final pun Samsul Jais mengaku bukan berarti tim nya bakal meremehkan dua laga tersisa. Hanya saja dia menegaskan anak asuhnya bakal lebih fokus menatap laga final di Yogyakarta.

    "Kami sekarang akan lebih fokus ke Yogyakarta, daripada kami ngotot bermain di sini dan akhirnya kondisi akan berkurang. Jadi akan kami diskusikan dulu. Kita tetap akan melihat kondisional di lapangan, kami akan kondisikan dengan pemain, paling tidak mungkin kami akan kombinasi,” tambahnya.
     

    Baca juga: Cabor Panjat Tebing Mulai Pelatnas untuk Olimpiade 2020


    Sementara itu, Pelatih Surabaya Bhayangkara Samator, Ibarsjah Djanu Tjahyono mengatakan jika timnya masih memiliki peluang menuju grand final. Yakni dengan mengambil dua kemenangan saat melawan Jakarta Pertamina Energi dan Palembang Bank SumselBabel

    “Kita mengakui keunggulan dari BNI, sana mainnya rapi, dan dari tim kita paling mencolok itu di blok sama di receive saja. Sebetulnya hasil dari Kediri itu enggak ada pengaruh sama sekali memang kalau diamati ya dari dua teknik itu tidak berkembang sehingga kurang greget. Justru lubang kita itu di libero, lawan lubangnya satu, kita lubangnya lima, dan masalahnya bukan di stamina juga, karena kita juga biasa latihan jam 9,” kata Ibarsjah.

    Di sisi lain, Ibarsjah mengaku memang perlu ada yang evaluasi untuk pemain asingnya. Hal itu perlu dilakukan meskipun kedua pemainnya sudah tahu atmosfer main di Indonesia.

    "Kalau untuk spike ya mungkin jangan percaya dengan agen lagi. Evalusi ke depan, kita harus ganti agen untuk mencari pemain. Kalau bisa harus cari agen luar negeri,” pungkasnya.

    Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

    Video: Wawancara medcom.id dengan Joko Driyono di program Newsmaker
     

    (ACF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id