Sirkuit Karate Pelajar, Ajang Pembinaan Atlet di Malang

    Daviq Umar Al Faruq - 29 April 2019 17:55 WIB
    Sirkuit Karate Pelajar, Ajang Pembinaan Atlet di Malang
    Sirkuit Karate Pelajar Malang Raya IV 2019. (Foto: medcom.id/Daviq Umar)

    FORKI Malang menegaskan gelaran Sirkuit Karate Pelajar Malang Raya berjalan lancar. Ajang ini sekaligus untuk pembinaan atlet usia muda.

    Malang: Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kota Malang baru saja menggelar Sirkuit Karate Pelajar Malang Raya IV 2019 di Gedung Kartini, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu 28 April 2019 malam.

    Ketua Umum Forki Kota Malang, Nurcholis Suneyeko mengatakan, pelaksanaan sirkuit karate pelajar ini berjalan sesuai dengan harapan. Sebab, kegiatan ini lebih mengedepankan pembinaan atlet bagi para pelajar di Kota Malang, sekaligus untuk merangsang prestasi mereka.

    “Secara umum pelaksanaan ini, berjalan sesuai harapan, dan kami memang mengedepankan pembinaan para atlet pemula mulai dari tingklat SD, SMP hingga SMA, agar mereka memiliki preestasi,” katanya, Senin 29 April 2019.

    Pria yang juga Rektor IKIP Budi Utomo Malang ini, menjelaskan untuk mengukur kemampuan dan memberikan semangat para atlet memang harus diadakan kegiatan yang sifatnya dilombakan. Namun, fokusnya bukan pada menang dan kalah tetapi lebih pada peningkatan nilai-nilai sportifitas.

    “Berlatih terus tanpa ada perlombaan atlet akan mengalami kejenuhan. Maka dari itu kita gelar sirkuit ini, untuk memberikan kesempatan mengukur kemampuan mereka. Kalau belum bisa meraih nilai tinggi mereka tentunya akan terus berpacu untuk berlatih yang lebih giat lagi,” imbuhnya.

    Olah raga karate di Kota Malang, merupakan salah satu cabang olah raga unggulan yang aktif dalam pembinaan generasi dan mencetak atlet-atlet berprestasi baik tingkat lokal, regional, maupun nasional.

    Baca: Jawa Timur Juara Umum Kejurnas Renang FAI 2019

    “Event ini merupakan proses pembinaan yang panjang dan berkelanjutan untuk regenerasi sebelum tampil pada event-event O2SN, Popda, Poprov Jatim bahkan PON nantinya,” bebernya.

    Gelaran tahun ini diikuti sebanyak 410 pelajar se-Malang Raya, karateka putra dan putri se-Malang Raya. Para peserta mulai dari pelajar tingkat SD, SMP, SMA, dan sederajat yang mempertandingkan 21 kelas dan kategori, baik sektor putra maupun putri, mereka tergabung pada sembilan perguruan.

    Kesembilan perguruan tersebut adalah KKI (Kushin Ryu M Karatedo Indonesia), BKC (Bandung Karate Club), Funakoshi (Funakoshi Gichin/Shotokan),  Inkado (Indonesia Karate-do), Inkanas (Institut Karate-Do Nasional), dan Inkai (Institut Karate-Do Indonesia). Kemudian juga  Lemkari (Lembaga Karate Indonesia), dan Porbikawa Karate-do Indonesia (Persatuan Olah Raga Bela Diri Istikawa). 

    Karate antar pelajar ini merupakan yang keempat kalinya. Sirkuit Karate Pelajar Malang Raya IV 2019 dan tahun ini  memperebutkan Piala Ketua Umum FORKI dan Rektor IKIP Budi Utomo Malang. Even untuk  pembinaan karateka usia dini, pemula, dan kalangan pelajar di Kota Malang dan kawasan Malang Raya lainnya.

    Ke-21 kelas dan nomor yang dipertandingkan adalah Kata Perorangan, Kata Beregu, Kumite Kelas - 20 Kg, Kumite Kelas - 25 Kg, Kumite Kelas + 25 Kg, Kumite Kelas - 30 Kg, Kumite Kelas - 35 Kg, Kumite Kelas + 35 Kg, dan Kumite Kelas - 40 Kg. Juga Kumite Kelas - 45 Kg, Kumite Kelas - 48 Kg, Kumite Kelas - 50 Kg, Kumite Kelas - 53 Kg, Kumite Kelas - 55 Kg, Kumite Kelas + 55 Kg, dan Kumite Kelas - 60 Kg. Lima kelas lainnya Kumite Kelas + 60 Kg, Kumite Kelas - 61 Kg, Kumite Kelas + 61 Kg, dan Kumite Kelas - 67 Kg, serta Kumite Kelas + 67 Kg.

    Video: Petuah Van Gaal untuk Masa Depan Kapten Ajax



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id