Jelang PON 2020

    Venue PON XX Diminta Tuntas dalam Tiga Bulan

    Roylinus Ratumakin - 26 Januari 2020 19:37 WIB
    Venue PON XX Diminta Tuntas dalam Tiga Bulan
    Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)
    Jayapura: Ketua Harian Pengurus Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, Yunus Wonda, berharap pembangunan sejumlah venue PON di tiga kabupaten kota selesai dalam tiga bulan ke depan. Sebab, waktu penyelenggaraannya tersisa 267 hari lagi.

    “Jika sudah selesai semuanya, kami segera membuat laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa PON XX siap digelar di Papua,” kata Yunus, Minggu (26/1/2020).

    Menurut Yunus, penyelenggaraan PON XX sebenarnya ada di pemerintah kabupaten dan kota. Pemerintah Provinsi hanya bertindak sebagai supervisor untuk terus mengikuti berbagai macam persiapan di sana.

    Terkait pembangunan berbagai venue PON, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Alexander Kapisa mengatakan telah menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua sebesar Rp2,4 triliun untuk merenovasi 11 venue di kabupaten dan kota,

    “Venue yang dibangun atau direnovasi ini tidak semua ditangani oleh Dinas Olahraga dan Pemuda Papua saja, ada sejumlah venue yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Papua juga,” kata Kapisa.

    Menurut Kapisa, perkembangan pembangunan sebagian besar venue PON XX Papua 2020 sudah mencapai 70 persen. Akan tetapi, pembangunan arena tenis di Kantor Wali Kota Jayapura baru rampung 50 persen dan diperkirakan baru selesai tahun depan.

    “Untuk ini, kami akan lakukan Addendum atau penambahan waktu pengerjaan. Penyelesaian bisa molor hingga 2020, karena pembangunannya baru dimulai pada Agustus 2019. Saat pekerjaan dimulai juga terjadi masalah sosial, hingga berpengaruh kepada (kelancaran) pembangunan,” pungkasnya. 




    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id