comscore

Marc Klok tidak Mengikuti Arahan Pelatih saat Memastikan Kemenangan Timnas U-23 atas Malaysia

Kautsar Halim - 24 Mei 2022 08:00 WIB
Marc Klok tidak Mengikuti Arahan Pelatih saat Memastikan Kemenangan Timnas U-23 atas Malaysia
Marc Klok (kanan). (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta: Gelandang senior timnas U-23 Marc Klok membeberkan bahwa sejatinya bukan dia yang ditunjukan menjadi penendang terakhir saat adu penalti dengan Malaysia pada laga perebutan tempat ketiga cabor sepak bola putra SEA Games Vietnam akhir pekan lalu. 

"Sebelum adu penalti, pelatih Shin Tae-yong sebenarnya menyuruh saya mengambil penalti ketiga. Akan tetapi, saya berfirasat dan bilang ke pelatih mau menendang kelima," ujar Klok dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (23/5/2022).
Klok melanjutkan, Shin akhirnya memenuhi permintaan itu dan dia pun berhasil memastikan timnas U-23 keluar sebagai pemenang karena sukses menjalani tugas dengan baik sebagai ekesekutor tendangan penalti kelima.

Klok yang berstatus sebagai pemain naturalisasi dari Belanda menyadari bahwa tugas sebagai penendang terakhir saat adu penalti tidak ringan. Namun, dia cukup percaya diri dengan keputusannya karena sudah berlatih secara khusus.

"Saya mengetahui kalau saya mencetak gol, kita peringkat ketiga. Namun kalau gagal, warganet siap menghancurkan saya," tutur pria berusia 29 tahun itu.

"Saya senang dan tenang saat mengambil penalti karena sudah tahu mau menendang ke arah mana. Setiap usai latihan, saya selalu berlatih menendang penalti," tambah gelandang Persib Bandung itu.

Timnas U-23 berhak atas medali perunggu cabor sepak bola putra SEA Games 2021 setelah menundukkan Malaysia lewat adu penalti dengan skor 4-3. Pertandingan terpaksa berlanjut dengan adu penalti karena skor imbang 1-1 tidak berubah hingga waktu normal (90 menit) berakhir.

Selain Klok, terdapat tiga penggawa Garuda Muda lainnya yang menjalankan tugas dengan baik saat adu penalti, yakni Muhammad Ridwan, Marselino Ferdinan, dan Saddil Ramdani. Dari lima penendang utama yang diturunkan saat itu, hanya Asnawi Mangkualam yang gagal memasukkan bola. (ANT)

(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id