Dua Atlet Kempo Indonesia Raih Medali di Kejuaraan Dunia

    Dendi Suharyana - 28 Juli 2020 09:08 WIB
    Dua Atlet Kempo Indonesia Raih Medali di Kejuaraan Dunia
    Aldziqri Faqih AS Saleh. (Foto: Ist)
    Jakarta: Dua atlet kempo Indonesia, Tuti Narlima dan Aldziqri Faqih AS Saleh mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Dua kesatria binaan Porkemi (Persatuan Olahraga Kempo Indonesia) tersebut sukses meraih medali pada kejuaraan dunia kempo secara virtual bertajuk "The 1st E-Kempo IKF World Championship 2020" di Portugal, 18-19 Juli 2020.

    Tuti Narlima menyabet medali perak nomor kata perorangan putri untuk usia 21-37 tahun. Di kategori ini, medali emas diperoleh kesatria asal Spanyol, Laura Esteban, sementara perunggu didapat Carolina Fonseca (Portugal) dan Erika Ruiz (Meksiko).

    Sedangkan Aldziqri Faqih AS Saleh merebut medali perunggu bersama Camilo Echeverria (Argentina). Medali emas dan perak, masing-masing diraih atlet tuan rumah Martim Carvalho dan Guillermo Jerez (Spanyol).

    Kejuaraan ini digelar IKF (International Kempo Federation) untuk mengisi kekosongan kejuaraan lantaran adanya pandemi Covid-19. Selain itu, ajang tersebut sebagai ganti kejuaraan dunia kempo di Tunisia, 18-24 April lalu, yang terpaksa diundur tahun depan akibat pandemi.

    Meskipun kejuaraan dilakukan secara virtual, persaingan tetap sengit. Banyak negara anggota IKF menurunkan atlet terbaiknya. Beberapa negara yang mengirim kesatria di ajang itu, antara lain tuan rumah Portugal, Spanyol, Argentina, Meksiko, India, Indonesia, Belanda dan Kolombia. Dari semua negara yang ambil bagian, Indonesia merupakan anggota IKF termuda.

    Indonesia juga tak main-main dalam menerjunkan atlet. Menurut Ketua Dewan Pengawas dan Pertimbangan Anggota (DPPA) Porkemi, Timbul Thomas Lubis, pihaknya melakukan seleksi secara virtual bagi atlet-atlet dari daerah. Caranya, mereka diminta mengirim video dengan memeragakan kemampuan dan keahlian di nomor yang diikuti. Setelah diseleksi tim dari Porkemi, video tersebut dikirim kejuaraan dunia di Portugal.

    "Kami sangat bangga karena dua atlet Indonesia bisa meraih medali perak dan perunggu. Saya melihat videonya sampai berdecak dan kagum," ujar Timbul, Selasa 28 Juli.

    Timbul mengakui bahwa Tuti Narlima dan Aldziqri Saleh merupakan para juara Kejurnas Kempo tahun lalu. Pihaknya berharap apa yang diraih Tuti dan Aldziqri tersebut bisa jadi penyemangat bagi atlet lain untuk bisa meraih penghargaan serupa.

    "Kejuaraan seperti ini sangat penting dan saya kira sangat kreatif. Kami juga berencana menggelar E-Kejurnas agar atlet kita tetap mendapatkan kesempatan untuk bertanding," kata Timbul yang juga pendiri Porkemi ini.


    (ASM)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id