Kasus Covid-19 Meningkat, Estafet Obor Olimpiade Batal Lewat Osaka

    Kautsar Halim - 02 April 2021 08:00 WIB
    Kasus Covid-19 Meningkat, Estafet Obor Olimpiade Batal Lewat Osaka
    Logo Olimpiade Tokyo. (Kazuhiro NOGI / AFP)



    Jakarta: Estafet obor Olimpiade Tokyo yang melewati Osaka pada akhir April ini resmi dibatalkan karena meningkatnya kasus penularan covid-19. Kabar ini disampaikan kantor berita Kyodo ketika gelaran estafet sudah dimulai sekitar sepekan yang lalu.

    Gubernur Osaka Hirofumi Yoshimura mengonfirmasi bahwa dirinya dan walikota Osaka Ichiro Matsui sudah membuat proposal pembatalan dan memberikannya kepada panitia penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo. Namun, keputusan itu tetap yang tidak mudah bagi mereka. 






    "Melihat situasi estafet di (bagian lain) Jepang yang ramai dengan banyak orang, pembatalan ini sangat disayangkan dan seharusnya tidak terjadi," kata Matsui.

    Menanggapi kabar ini, panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo mengatakan bakal berdiskusi dengan pejabat Osaka dan membuat keputusan sesegera mungkin. Namun yang pasti, estafet obor memang bisa dibatalkan jika terdapat keadaan darurat covid-19.

    Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga turut menjelaskan bahwa estafet batal lewat Osaka lantaran pemerintah meminta wilayah tersebut dan dua prefektur lain (Hyogo dan Miyagi) mengambil tindakan lebih ketat terhadap penanganan virus korona mulai 5 April hingga 5 Mei.

    Osaka mengalami peningkatan kasus covid-19 sejak status darurat dicabut sebulan lalu. Tercatat ada 616 kasus baru pada Kamis 1 April, sejak jumlah pengidap covid-19 di wilayah tersebut melampaui angka 600 pada 16 Januari lalu. (ANT)


    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id