Wabah Virus Korona

    Olimpiade Tokyo tidak Mungkin Ditunda Lebih dari Setahun

    Kautsar Halim - 23 April 2020 19:38 WIB
    Olimpiade Tokyo tidak Mungkin Ditunda Lebih dari Setahun
    Logo Olimpiade Tokyo. (KAZUHIRO NOGI / AFP)
    Tokyo: Olimpiade Tokyo 2020 tidak bisa ditunda lebih dari setahun. Jika masih gagal terlaksana pada 23 Juli 2021, bisa mempersulit pihak penyelenggara maupun para atlet. 

    "Juga memikirkan mengenai atlet dan isu tentang manajemen Olimpiade, secara teknik sulit untuk menundanya dua tahun," kata presiden Tokyo 2020 Yoshiro Mori sebagaimana dikutip AFP, Kamis (23/4/2020).

    Mori menjelaskan lebih lanjutnya, awalnya ia sempat bertanya kepada Perdana Menteri Shinzo Abe apakah Jepang harus mempertimbangkan penundaan dua tahun. Namun, Abe memutuskan bahwa satu tahun adalah jalan yang harus ditempuh.

    Di bawah tekanan besar dari atlet dan asosiasi olahraga, panitia penyelenggara dan Komite Olahraga Internasional (IOC) akhirnya menyetujui penundaan Olimpiade selama setahun pada Maret lalu.

    Penyelenggara dan pejabat Jepang sempat mengatakan Olimpiade yang tertunda akan menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemenangan dunia atas virus korona. Namun, muncul pertanyaan apakah cukup hanya ditunda setahun.

    Beberapa hari lalu, profesor penyakit menular asal Jepang Kentaro Iwata sempat mengkritik respons negaranya terhadap pandemi covid-19. Saat itu, dia mengaku pesimistis Olimpiade bisa terselenggara pada 2021.

    "Sejujurnya, saya berpikir Olimpiade tampaknya tidak bisa digelar tahun depan," kata Iwata yang bekerja untuk Universitas Kobe.

    Ia mengatakan lebih lanjut, penyelenggarakan Olimpiade 2020 tidak bisa hanya mengandalkan Jepang saja selaku tuan rumah. Tapi, seluruh dunia juga harus ikut membantu mengendalikan virus tersebut. (ANT)

    (KAH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id