PON 2021 Papua

    Cegah Kecurangan, PB PON Gandeng LADI untuk PON Papua

    Kautsar Halim - 28 November 2020 18:07 WIB
    Cegah Kecurangan, PB PON Gandeng LADI untuk PON Papua
    Peresmian kerjasa PB PON dengan LADI. (Foto: Istimewa)
    Jakarta: Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) telah menggandeng Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) untuk gelaran PON 2021 Papua. Kerja sama itu diresmikan pada Sabtu 28 November, guna mencegah kecurangan, khususnya yang terkait dengan penggunaan zat terlarang atau doping.

    Pengawasan doping dalam ajang PON memang menjadi persyaratan wajib yang harus dipenuhi. Ini pun menjadi kerja sama untuk pertama kalinya antara PB PON dengan LADI.

    "Kerja sama ini salah satu persyaratan penyelenggaraan PON harus ada tes doping sehingga karena sifatnya independen maka di Indonesia kami bekerja sama dengan LADI," ujar Sekretaris Umum PB PON, Elia Loupatty.

    Ketua LADI Zaini Khadafi Saragih mengatakan pihaknya telah menjadi partner independen berbagai kejuaraan olahraga. Bentuk pengawasan LADI di PON Papua nantinya berupa pengujian sampel acak sejumlah atlet.

    Sampel tersebut kemudian akan dikirim ke Doha, Qatar untuk kemudian diuji di laboratorium. Pasalnya, hanya ada beberapa laboratorium saja di dunia yang mendapat rekomendasi WADA (Badan Anti Doping Dunia).

    "Kalau PON sebelumnya tidak ada penyerahan tugas secara resmi seperti ini. Beda dengan sekarang dari PB PON menyerahkan tugas pengawasan doping ke LADI, baru nanti LADI akan membentuk tim untuk bertugas jadi akan berbeda konsekuensinya nanti," ucap Zaini.

    "Dengan kondisi ini orang-orang tidak akan mempertanyakan proses pengawasan doping lagi, karena yang menyelenggarakan LADI bukan PB PON atau pemerintah Papua," tambahnya menutup.

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id