Pekan Olahraga Nasional XX

    Komisi X DPR RI Cek Kesiapan PON Papua

    Roylinus Ratumakin - 21 Februari 2020 23:47 WIB
    Komisi X DPR RI Cek Kesiapan PON Papua
    Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih saat melakukan rapat terbatas dengan pihak pemerintah Provinsi Papua, KONI Papua, dan pengurus PB PON Papua guna mengecek progress Papua sebagai tuan rumah PON XX. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.
    Komisi X masih menyoroti adanya akses jalan menuju venue yang belum dikerjakan.

    Jayapura: Rombongan Komisi X DPR RI Bidang Pendidikan, Olahraga dan Sejarah, melakukan kunjungan kerja ke Bumi Cenderawasih mengecek kesiapan Papua sebagai tuan rumah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, Oktober mendatang.

    Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih, mengatakan dari sisi kesiapan infrasturktur venue tidak ada masalah. Semua dalam tahap pekerjaan dan bisa dipastikan selesai sebelum perhelatan olahraga empat tahunan itu dimulai.

    “Beberapa venue yang dibiayai APBN dan APBD progresnya rata-rata sudah 80 persen, sesuai jadwal diperkirakan rampung 100 persen pada bulan Juli nanti,” kata Abdul Fikri, yang juga Ketua Panja PON di Jayapura, Jumat 21 Februari 2020.

    Meskipun tidak ada masalah, kata Fikri, pihaknya akan secara intens berkomunikasi dan berdiskusi dengan pemerintah agar pelaksanaan PON XX Papua dapat berjalan sukses dan lancar. Mengingat even nasional ini juga merupakan pemerataan pembangunan.

    “Dengan adanya PON, berarti ada pembangunan di situ. Kami sudah lihat venue yang ada di Jayapura, semua dibangun dengan standar internasional, tinggal bagaimana perawatannya setelah PON,” ujarnya.

    Namun begitu, Komisi X masih menyoroti adanya akses jalan menuju venue yang belum dikerjakan. Namun, hal ini masih bisa dimaklumi lantaran masih banyak kendaraan proyek yang lalu lalang. 

    “Dari informasi, anggaran jalan ini sudah tersedia, tapi mungkin karena masih banyak kendaraan proyek keluar masuk venue sehingga dalam waktu dekat baru akan dibangun. Kami akan kembali lagi untuk untuk melihat tes event pada bulan Juli atau Agustus mendatang. Dengan harapan semua pekerjaan sudah rampung,” katanya.

    Ketua Harian Pengurus Besar (PB) PON XX Papua Yunus Wonda, mengatakan kedatangan Komisi X DPR RI menambah keyakinan pihaknya akan dukungan pemerintah pusat dalam membantu pemerintah Papua sukseskan PON.

    “Komisi X sudah membentuk panitia kerja PON XX, otomatis mereka akan terus menerus mengecek kesiapan kami sebagai tuan rumah. Untuk itu, Papua harus terus bergerak maju,” kata Wonda. (Roylinus Ratumakin)

    Video: Jelang PON 2020, Klub Basket Selebriti Jajal Mimika Sport Complex




    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id