comscore

Indonesia Berpotensi Bebas Sanksi Doping pada Februari

Kautsar Halim - 30 Januari 2022 15:05 WIB
Indonesia Berpotensi Bebas Sanksi Doping pada Februari
Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari (Dok. NOC Indonesia)
Jakarta: Badan Antidoping Dunia (WADA) berpotensi besar mencabut sanksinya kepada Indonesia pada Februari mendatang.  Itu disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA, Raja Sapta Oktohari, setelah mendapat respons positif beberapa hari lalu.

"Dengan adanya surat dari WADA pada 12 Januari lalu, itu sudah memberi penguatan (sanksi bakal dicabut)," kata Oktohari atau yang biasa disapa Okto dalam tayangan di MetroTV, Sabtu (29/1/2022).
Meski sanksi belum resmi dicabut, lanjut Okto, respons positif WADA sudah memuluskan berbagai rencana Indonesia yang bakal menjadi tuan rumah ajang internasional di sepanjang 2022. 

"Bahkan dalam waktu dekat ini, kami akan kedatangan delegasi-delegasi yang akan meninjau langsung kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah atas event-event yang akan kita adakan tahun ini," ujar Okto. 

Indonesia terkena sanksi WADA karena Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) tak bisa memenuhi Test Doping Plan (TDP) tahun 2020 dan 2021. TDP itu sendiri adalah uji doping yang dilakukan badan antidoping di sebuah negara kepada para atletnya.

Sanksi tersebut membuat negara terkait dilarang menggelar ajang internasional dan tidak boleh mengibarkan bendera kebangsaan apabila jadi juara dalam ajang di luar negeri. Kemudian, durasi sanksinya bisa memakan waktu beberapa bulan hingga setahun dan tergantung pendekatan negara terkait dengan WADA.


(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id