Terjadi di Game ke-3, Dewa Kipas Kedapatan Curang saat Dikalahkan GM Irene

    Adri Prima - 23 Maret 2021 15:47 WIB
    Terjadi di Game ke-3, Dewa Kipas Kedapatan Curang saat Dikalahkan GM Irene
    Duel GM Irene vs Dewa Kipas di laga persahabatan (Foto: YouTube Deddy Corbuzier)



    Jakarta: Dewa Kipas alias Dadang Subur akhirnya menjalani pertandingan persahabatan melawan Grandmaster Internasional Wanita, Irene Kharisma Sukandar, Senin 22 Maret 2021. Hasilnya, Dewa Kipas kalah telak dengan skor 3-0 dari GM Irene. 

    Kekalahan dari GM Irene seakan menjadi pembuktian kalau kualitas Dewa Kipas dalam bermain catur tidak seperti saat ia mengalahkan pecatur internasional Levy Rozman di platform Chess.com. Akurasi pergerakan bidak catur Dewa Kipas bahkan jauh beda dengan di gim catur. 

     



    Pecatur internasional, Levy pemilik akun Gothamchess di Chess.com menyebutkan akurasi Dewa Kipas di bawah 40 persen. Angka tersebut jauh dengan akurasi di gim, tercatat akurasi Dewa Kipas mencapai 90 persen.  

    Karena itu Dewa Kipas terindikasi curang sehingga akunnya di-banned oleh Chess.com. Pasalnya pergerakan Dewa Kipas selevel pecatur level wahid kelas dunia. 

    Dalam pertandingan kemarin, Dewa Kipas juga sempat melakukan kecurangan ketika dikalahkan GM Irene. Kecurangan tersebut terjadi di pertandingan ketiga, ketika itu Dewa Kipas menekan tombol lebih dulu sebelum mendirikan buah caturnya yang terjatuh. 

    Padahal dalam aturan dan etika catur, hal tersebut tidak diperbolehkan dan masuk kategori curang serta tidak sportif. Karena untuk membenarkan posisi buah catur harus pakai waktu sendiri jangan ambil waktu lawan. 

    Namun kemungkinan Dewa Kipas alias Pak Dadang Subur mungkin tidak memahami aturan atau kode etik tersebut. GM Irene pun tidak melayangkan protes karena ia dalam posisi sudah unggul. 



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id