Kualifikasi Senam Olimpiade Tokyo Dibatalkan

    Kautsar Halim - 18 Maret 2020 18:41 WIB
    Kualifikasi Senam Olimpiade Tokyo Dibatalkan
    Tangan pesenam Jepang Kenzo Shirai. (KARIM JAAFAR / AFP)
    Tokyo: Kualifikasi cabang olahraga senam untuk Olimpiade 2020 terpaksa dibatalkan karena ancaman pandemi virus korona. Itu sangat disayangkan karena eventnya akan bergulir pada bulan depan.

    Kualifikasi cabang olahraga senam untuk Olimpiade 2020 dijadwalkan berlangsung pada 4-5 April mendatang. Japan Gymnastics Association (JGA) sudah mengumumkan bakal menggelar event tanpa penonton, tapi tetap mendapat respons negatif.

    "Karena dampak penyebaran infeksi virus corona di Eropa dan pembatalan Piala Dunia di negara-negara lain, banyak atlet dan wasit memutuskan tidak berpartisipasi di acara itu," demikian pernyataan JGA seperti dikutip Reuters, Rabu.

    Sejumlah pesenam papan atas, termasuk peraih empat medali emas Olimpiade Simone Biles yang diperkirakan akan bersinar di Tokyo, masuk dalam daftar peserta awal perhelatan tersebut.

    Meski demikian, ajang uji (test even) tes senam ritmik Olimpiade yang dijadwalkan berlangsung pada 6 April akan tetap diselenggarakan sesuai rencana. Itu dikatakan panitia pelaksana Tokyo 2020.

    "Setelah mengonfirmasi keselamatan untuk melakukan hal itu, Tokyo 2020 akan melakukan tes operasional dengan tanggal semula," kata panitia penyelenggara, sambil menambahi bahwa mereka akan berkonsultasi dengan International Olympic Committee (IOC) dan Federation Internationale de Gymnastique (FIG).

    Pembatalan ajang kualifikasi senam menambah keraguan banyak pihak mengenai apakah Olimpiade Tokyo akan dapat berlangsung sesuai jadwal. Di sisi lain, IOC tetap kukuh Olimpiade Tokyo dapat berlangsung sesuai jadwal. (ANT)




    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id