Kemenpora Ciptakan Senam Unik dari Gerakan Sepak Bola

    Kautsar Halim - 14 November 2020 21:40 WIB
    Kemenpora Ciptakan Senam Unik dari Gerakan Sepak Bola
    Menpora Zainudin Amali (Dok .Kemenpora)
    Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali membuat terobosan dengan menciptakan Senam Sundul Langit. Gerakan senamnya terbilang unik dan menarik karena terinsipirasi dari sepak bola

    Senam Sundul Langit adalah senam yang  dikreasikan dengan gerakan dasar yang ada di dalam olahraga sepak bola. Misalnya, gerakan juggling, menggiring bola, sundulan, gerakan kiper hingga gerakan selebrasi gol. 

    Kemenpora memperkenalkan senam Sundul Langit melalui kreasi gerakan olahraga sepak bola yang populer di Indonesia dengan harapan agar dapat meningkatkan minat anak-anak muda untuk berolahraga.

    Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, membuka workshop Senam Sundul Langit bulan lalu, tepatnya pada tanggal 7 Oktober 2020 secara Virtual. Beliau berharap senam ini dapat membuat anak-anak muda tanah air semakin semangat untuk berolahraga.

    "Dengan memupuk minat masyarakat terhadap olahraga, khususnya sepakbola, diharapkan bisa meningkatkan prestasi atlet muda sepak bola sehingga dapat meraih prestasi tertinggi,’ kata Menpora saat itu. 

    Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI , Raden Isnanta, menjelaskan secara gamblang bagaimana kemudian Senam Sundul Langit ini dicetuskan oleh Kemenpora. Menurutnya, itu terjadi karena sepak bola merupakan olahraga populer di Tanah Air.

    "Senam ini semata-mata diciptakan untuk memberikan kemudahan dan semangat bagi generasi muda untuk senam dan bergerak. Dipilih gerakan sepak bola yaitu karena  salah satu olahraga yang populer. Dengan gerakan ini, kita harap anak muda melakukan senam secara rutin,’’ terang Isnanta.

    Upaya Kemenpora menggelorakan sepak bola merupakan bagian dari persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Pemerintah tentunya ingin semua elemen memberikan dukungan penuh kepada timnas Indonesia agar meraih prestasi tertinggi di ajang tersebut. 

    Selain itu, sebagai cabang olahraga paling diminati di Indonesia, sepak bola dianggap akan bisa dengan mudah diterima oleh semua lapisan masyarakat. Itulah kenapa gerakan-gerakan dasar sepak bola diadaptasi dalam Senam Sundul Langit ini.

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id