comscore

Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar Sepak Bola

Muhammad Syahrul Ramadhan - 04 Desember 2021 12:11 WIB
Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar Sepak Bola
Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar Sepak Bola (Foto: Pexels)
Jakarta: Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Di Indonesia sendiri olahraga ini juga banyak diminati termasuk laga-laga sepak bola dalam dan luar negeri.

Selain sebagai olahraga kompetitif, sepak bola juga menjadi olahraga rekreasi. Di mana sepak bola dimainkan untuk mencari keringat sampai menjadi ajang silaturahmi. Ini terbukti dengan banyaknya fun football atau main bareng (mabar).
Kali ini Medcom.id akan membagikan sejarah permaian sepak bola, peraturan dan teknik dasarnya untuk menambah wawasan.

Sejarah sepak bola

Permainan bola yang melibatkan tendangan kaki ini pertama diketahui terjadi di Cina pada abad ke-3 dan ke-2 SM. Dikutip dari Football History, saat itu permainan tersebut disebut cuju. Cuju dimainkan dengan bola bundar (kulit dijahit dengan bulu atau bulu di dalamnya) di atas bidang persegi. Selain Cina, permainan bola telah dikenal di Yunani dan Roma.

Dari beberapa cerita tentang permainan sepak bola, kisah yang paling diakui permainan ini dikembangkan di Inggris pada abad ke-12.  Pada abad ini, permainan yang menyerupai sepak bola dimainkan di padang rumput dan jalan-jalan di Inggris. Selain dari tendangan, permainan melibatkan juga pukulan bola dengan kepalan tangan.

Meski sempat dilarang permainan seperti sepak bola terus berkembang. Terlebih permainan ini sudah masuk ke sekolah-sekolah umum.

Kendati begitu, butuh waktu lama sampai ciri-ciri sepak bola yang ada di masa kini dapat dipraktikkan saat itu. Sebab, kala masih belum ada perbedaan yang jelas antara sepak bola dan rugby.

Keuda permainan ini sering dimainkan di sekolah-sekolah dan dua sekolah yang dominan adalah Rugby dan Eton. Di Rugby aturannya mencakup kemungkinan untuk mengambil bola dengan tangan dan permainan yang sekarang kita kenal sebagai rugby berasal dari sini.

Di Eton bola dimainkan secara eksklusif dengan kaki dan permainan ini dapat dilihat sebagai pendahulu yang dekat dari praktik sepak bola modern. Permainan di Rugby disebut "permainan lari" sedangkan permainan di Eton disebut "permainan menggiring bola".

Hingga akhirnya muncul rumusan perbedaan kedua permainan tersebut termasuk aturan dalam Football (sepak bola) membawa bola dengan tangan tidak diperbolehkan. Selain tiu, pertemuan yang dilangsungkan di London pada 1863 juga menghasilkan standarisasi ukuran dan berat bola. Konsekuensi dari pertemuan London adalah permainan dibagi menjadi dua kode: asosiasi sepak bola dan rugby.

Setelah itu, olahraga ini menjadi hiburan bagi kelas pekerja Inggris. Hingga akhirnya berkembanga ke belahan dunia lainnya setelah orang-orang Inggris yang melakukan perjalanan ke bagian lain dunia apalagi di Amerika Selatan dan India minat terhadap sepakbola menjadi besar.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id