comscore

Kaleidoskop Olahraga 2021: Indonesia Miliki Sirkuit Kelas Dunia di Mandalika

rizkiyanuardi - 01 Januari 2022 06:30 WIB
Kaleidoskop Olahraga 2021: Indonesia Miliki Sirkuit Kelas Dunia di Mandalika
Presiden Joko Widodo menjajal Sirkuit Mandalikan. DOK Agus Suparto
Indonesia kembali memiliki sirkuit kelas dunia saat Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat 12 November 2021.

Keberadaan Sirkuit Mandalika sekaligus memperkenalkan insan dunia otomotif dunia, bahwa Indonesia kembali memiliki sirkuit balapan berstandar internasional. Jelang pertengahan tahun 1990-an, Indonesia juga pernah memiliki sirkuit internasional di Sentul. Namun sejak 1998, Sentul tak lagi masuk seri balapan MotoGp.
Sirkuit Mandalika adalah sirkuit jalan raya sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan, dengan kapasitas tempat duduk lebih dari 50 ribu tempat duduk dan 138 ribu area berdiri ini. Sirkuit ini juga memiliki paddock yang dapat menampung sampai dengan 50 garasi.

Kaleidoskop Olahraga 2021: Indonesia Miliki Sirkuit Kelas Dunia di Mandalika
Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB (BAY ISMOYO/AFP)

Sirkuit Mandalika termasuk kategori sirkuit kelas A. Menggunakan aspal khusus yaitu stone mastic asphalt (SMA). Teknologi di aspal SMA adalah bisa langsung digunakan meski habis diguyur hujan. Dulu, aspal di sirkuit mengeluarkan minyak setelah diguyur hujan.

Usai sukses menggelar event seri terakhir perebutan gelar juara dunia di ajang World Superbike (WSBK), Dorna Sports, selaku operator MotoGP merilis jadwal seri MotoGP 2022, dan memasukkan Sirkuit Mandalika menjadi salah satu seri kejuaraan di tahun 2022.
 


Kaleidoskop Olahraga 2021: Indonesia Miliki Sirkuit Kelas Dunia di Mandalika
Balapan di seri penutup World Series Superbike 2021-Foto Antara: Sigid Kurniawan

Seri MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika menurut jadwal masuk sebagai dua seri yang ditambahkan Dorna, dari total 21 seri MotoGP 2022. Selain Indonesia, Finlandia juga berkesempatan menjadi tuan rumah pada seri ke-11 MotoGP 2022.

Menurut jadwal, Seri MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika akan digelar pada 20 Maret 2022. Selain menggelar seri balapan, Sirkuit Mandalika juga dimasukkan sebagai tuan rumah tes pramusim MotoGP 2022.
 
Tes pramusim Sirkuit Mandalika menjadi tempat keempat tes pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari 2022, yakni setelah Jerez (Spanyo), tes Shakedown (tes uji coba mesin baru), dan Sepang (Malaysia).

(RIZ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id