MotoGP

    Baju Balap Quartararo Terbuka saat Balapan, Begini Penjelasan Alpinestars

    Adri Prima - 09 Juni 2021 21:00 WIB
    Baju Balap Quartararo Terbuka saat Balapan, Begini Penjelasan Alpinestars
    Fabio Quartararo selesaikan balapan MotoGP Catalunya dengan kondisi baju balap yang terbuka. (motogp)



    Terkait dengan insiden baju balap Fabio Quartararo yang terbuka pada lap-lap akhir MotoGP Catalunya Minggu 6 Juni 2021 akhir pekan kemarin, pihak Alpinestars selaku suplier racing suit tim Yamaha buka suara. 

    Pihak Alpinestars menjelaskan bahwa dari hasil analisa, baju balap Quartararo berfungsi normal, mulai resleting hingga pengencang semuanya baik-baik saja. 

     



    Alpinestars tidak dapat menemukan cacat apapun dengan baju balap Fabio Quartararo selama pemeriksaan setelah balapan Catalunya. 

    "Analisis awal menemukan setelan berfungsi normal dengan semua resleting dan pengencang berfungsi penuh. Tidak ada penyebab yang jelas untuk masalah Fabio Quartararo," terang penjelasan resmi Alpinestars dikutip dari Crash.

    Lebih lanjut, Alpinestars juga membantah spekulasi kalau airbag baju balap Quartararo mengembang.  

    "Semua komponen setelan, termasuk sistem Airbag Tech-Air, masih utuh dan berfungsi penuh. Tidak mengembang selama balapan karena tidak ada situasi tabrakan," tegas Alpinestars. 

    Menariknya sebelum resleting baju balap Quartararo terbuka, rider asal Prancis tersebut terlihat lebih dulu membuang chest protector (pelindung dada). 

    Sejauh ini, apa yang dilakukan Quartararo di Catalunya masih menjadi misteri. Pasalnya sang pembalap juga enggan membahas kejadian tersebut, karena ia sepertinya sudah puas dengan penalti 6 detik yang didapat. 

    Baca juga: Insiden Baju Balap Terbuka, Quartararo Seharusnya Didiskualifikasi

    "Saya tidak tahu apa yang terjadi. Dengan sisa lima lap, wearpack benar-benar terbuka dan resleting tidak bisa ditarik ke atas," kata Quartararo dikutip dari Speedweek. 

    "Tidak mudah untuk balapan seperti itu, tapi itu terjadi. Saya tidak bisa bicara lebih detail, karena saya tidak tahu lagi," lanjutnya. 

    Padahal jika mengacu pada regulasi balap motor FIM, Quartararo bisa saja didiskualifikasi karena mengabaikan aspek safety. 

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id