Jorge Lorenzo Pensiun sebagai Pembalap Profesional

    Kautsar Halim - 14 November 2019 23:23 WIB
    Jorge Lorenzo Pensiun sebagai Pembalap Profesional
    Jorge Lorenzo. (JOSE JORDAN / AFP)
    Valencia: Jorge Lorenzo resmi pensiun sebagai pembalap profesional. Keputusan itu dia umumkan sendiri saat jumpa pers jelang MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Kamis 14 November.

    Membuka jumpa pers, Lorenzo mengatakan ada empat hari penting bagi pembalap. Pertama debut balapan, kedua kemenangan pertama, ketiga menjadi juara dunia pertamakali dan keempat adalah pensiun.

    "Seperti yang Anda pikirkan, saya berada di sini karena harinya sudah tiba. Event ini (MotoGP Valencia) bakal menjadi balapan terakhir saya di MotoGP. Setelah itu, saya pensiun sebagai pembalap profesional," kata Lorenzo.

    Sambil didampingi CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di depan ruang pers, Lorenzo juga bercerita tentang rangkaian cedera yang diderita sejak September tahun lalu. Menurutnya, situasi itulah yang menjadi faktor utama pensiun.

    Sekadar informasi, Lorenzo mengalami cedera pergelangan tangan yang cukup buruk jelang tutup karier dengan Ducati pada akhir tahun lalu. Setelah itu, tulang punggungnya patah ketika melakoni MotoGP Belanda bersama Honda pada Juni 2019.

    "Rentetan cedera yang saya alami berpengaruh besar atas hasil dan performa tahun ini. Ditambah lagi, motornya juga terasa tidak cocok. Meski begitu, saya tidak kesabaran saya tidak pernah habis untuk bekerja dengan tim agar tampil lebih baik," ujar Lorenzo yang berusia 32 tahun.

    "Hingga akhirnya saya lihat sedikit cahaya di lorong, kecelakaan buruk saat tes di Montmelo pun terjadi. Beberapa hari kemudian, saya juga mengalami kecelakaan parah di Assen yang Anda semua juga tahu konsekuensinya," tambahnya.

    "Usai berguling di kerikil dan berdiri, saya berpikir dalam hati. Oke Jorge, apakah ini pantas terjadi? Setelah apa yang diraih, tapi tetap menderita. Saya selesai, saya tidak mau balapan lagi," lanjut juara dunia lima kali tersebut.

    Lorenzo sudah pernah menjadi juara dunia sebanyak lima kali. Tiga di antaranya berasal dari ajang MotoGP bersama tim Yamaha dan dua sisanya dari ajang Moto2 bersama Aprilia. Performanya makin menurun setelah menerima tawaran besar Ducati pada 2017. (Crash)





    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id