Fausto Gresini Pernah Orbitkan Dua Rider Hebat yang Tewas di Sirkuit

    Adri Prima - 23 Februari 2021 20:24 WIB
    Fausto Gresini Pernah Orbitkan Dua Rider Hebat yang Tewas di Sirkuit
    Marco Simoncelli bersama Fausto Gresini (foto: crash)



    Jakarta: Owner tim Gresini Racing, Fausto Gresini meninggal dunia pada Selasa 23 Februari 2021 di usia 60 tahun. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Fausto Gresini tengah berjuang melawan virus Covid-19. 

    Sejak tiga hari terakhir kondisinya memburuk lalu sempat koma, hingga kabar duka pun dirilis secara resmi oleh Gresini Racing. 




    "Ini adalah kabar yang tak pernah ingin kami umumkan, namun sayangnya kami terpaksa membagikannya kepada Anda semua. Usai dua bulan bertarung melawan Covid-19, Fausto Gresini telah meninggal dunia, beberapa hari usai berulang tahun ke-60. #CiaoFausto," tulis pernyataan Gresini Racing lewat Twitter.

    Kepergian Fausto Gresini memang membuat semua orang di MotoGP merasa kehilangan. Pasalnya, kehadiran Gresini Racing memberikan warna tersendiri di MotoGP, bahkan Gresini Racing terbilang konsisten melahirkan pembalap-pembalap berbakat. 

    Sebelum Fausto Gresini menghadap sang Pencipta, beberapa rider hebat pernah diorbitkan oleh Gressini Racing seperti Daijiro Kato dan Marco Simoncelli. Sayangnya, kedua nama tersebut wafat di usia muda dalam insiden kecelakaan saat balapan. 

    Daijiro Kato kecelakaan di MotoGP Jepang 2003

    Kecelakaan Daijiro Kato terjadi pada tahun 2003 silam tepatnya di MotoGP Jepang yang berlangsung di Sirkuit Suzuka. Kala itu, Kato yang memperkuat Gresini Team kehilangan kendali motornya dan menabrak tembok pembatas sirkuit dalam kecepatan 200 km/jam. 

    Sirkuit Suzuka sendiri memang dikenal sangat berbahaya untuk balapan motor. Nyaris semua tikungan di Suzuka berkarakter tikungan cepat. Insiden Kato juga disebut jadi penyebab MotoGP Jepang yang tadinya digelar di Suzuka kini berganti dengan Sirkuit Motegi. 

    Fausto Gresini Pernah Orbitkan Dua Rider Hebat yang Tewas di Sirkuit

    Simoncelli tewas di MotoGP Malaysia 2011

    Selain Kato, rider berbakat lainnya yang wafat saat memperkuat tim Gresini adalah Marco Simoncelli. Tepatnya di musim 2011, Simoncelli promosi ke MotoGP bergabung dengan Gresini yang kala itu jadi bagian dari tim pabrikan Honda. Kedatangan Simoncelli ke Gresini juga karena peran penting Fausto. 

    Musim 2011 berjalan cukup baik bagi Marco Simoncelli. Bahkan ia digadang-gadang bakal menjadi rider utama tim pabrikan Honda. Insiden nahas itu terjadi pada tanggal 23 Oktober 2011 tepatnya di MotoGP Malaysia yang berlangsung di Sirkuit Sepang. 

    Simoncelli mengalami kecelakaan fatal yang melibatkan Colin Edwards dan Valentino Rossi saat berada di posisi keempat pada putaran kedua. Awalnya Simoncelli slip dan terjatuh di tikungan ke-11 Sirkuit Sepang lalu dalam hitungan detik ia tertabrak oleh motor Edwards. Edwards juga terjatuh namun hanya mengalami patah tulang bahu, sementara Simoncelli terkapar di lintasan sesaat setelah kecelakaan dengan helmnya yang terlepas dari kepala.

    Rossi sendiri nyaris kehilangan keseimbangan, namun ia masih mampu kembali ke paddock. Setelah insiden tersebut, bendera merah dikibarkan menandakan perlombaan dihentikan dan Simoncelli langsung dibawa ke pusat medis Sirkuit Sepang. 

    Pada pukul 16.56 waktu setempat, Simoncelli dinyatakan meninggal dunia karena luka serius yang dideritanya akibat kecelakaan fatal. Dalam jumpa pers, kepala medis, Michele Macchiagodena, menyatakan bahwa Simoncelli mengalami trauma serius di kepala, leher, dan dada. Rider berambut kribo itu sempat diberi perawatan CPR selama 45 menit sebelum akhirnya meninggal. 

    Fausto Gresini Pernah Orbitkan Dua Rider Hebat yang Tewas di Sirkuit

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id