Kemenpora Dukung Penuh Mandalika sebagai Tuan Rumah MotoGP

    Muhammad Al Hasan - 24 Februari 2019 21:19 WIB
    Kemenpora Dukung Penuh Mandalika sebagai Tuan Rumah MotoGP
    Proyek pembangunan Sirkuit Mandalika. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
    Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga memastikan pihaknya mendukung penuh persiapan MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Itu disampaikan langsung oleh Gatot S Dewabroto selaku Sekretaris Kemenpora.

    "Kami mendukung sepenuhnya persiapan MotoGP 2021," kata Gatot di Another Coffe Shop, Jakarta Pusat, Minggu, (24/2/2019).

    Dijelaskan lebih lanjut oleh Gatot, sejatinya pihak Kemenpora tidak mengalami kesulitan untuk memberi dukungan. Sebab, Dorna selaku operator event MotoGP sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak yang terkait, yakni PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata Mandalika, serta Ikatan Motor Indonesia (IMI).

    "Pada saat masuk Indonesia, Dorna sudah mediasi lewat IMI dan semuanya berjalan lancar. Makanya kalau hari ini muncul pemberitaan tentang kesiapan Mandalika tentu hal yang bagus," ujar Gatot. 
     

    Klik: Final Sengit, Popsivo Jadi Jawara Proliga 2019


    Sedikit berbeda dengan persiapan MotoGP di dua lokasi di Indonesia sebelumnya, yakni Sentul dan Palembang. Menurut Gatot, MotoGP di Mandalika memiliki persiapan yang lebih bagus dari segi manajemen maupun finansialnya. 

    Sehingga, Gatot menekankan, Kemenpora hanya tinggal memberikan dukungan yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat saja. Misalnya, memberikan rekomendasi penyelenggaraan event.

    "Kemudian kalau kami perlu mendorong supaya dikoordinasikan dengan tempat (instansi) lain, akan kami akan lakukan juga. Sebab, sejauh ini yang saya tahu, MotoGP Mandalika itu murni terselenggara karena ada pendekatan komersial dan melibatkan industri pariwisata," tutup Gatot.

    Dorna dan ITDC (Indonesia Tourism Development) sudah saling sepakat menggelar MotoGP lewat pertemuan di Madrid pada 28 Januari lalu. Penandatangan kontraknya dilakukan oleh CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan CEO ITDC Abdulbar M. Mansoer.

    ITDC sempat mengonfirmasi, Sirkuit Mandalika mengusung konsep balapan jalan raya seperti di Monaco dan Singapura. Panjang lintasan sirkuitnya mencapai 4,32 km dan memiliki 18 tikungan. Lokasi Sirkuit Mandalika memiliki panorama laut dan pegunungan yang indah.



    (ACF, KAU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id