comscore

Madrid Berduka, Legenda Francisco 'Paco' Gento Meninggal Dunia

Patrick Pinaria - 19 Januari 2022 12:36 WIB
Madrid Berduka, Legenda Francisco Paco Gento Meninggal Dunia
Momen kebersamaan Francisco Paco Gento (kanan) bersama Presiden Real Madrid Florentino Perez (kiri) (Foto: AFP/Javier Soriano)
Madrid: Kabar duka datang dari Real Madrid. Salah satu legenda terbaik mereka, Francisco 'Paco' Gento meninggal dunia.

Kepastian Gento meninggal dunia diumumkan langsung pihak Madrid melalui situs resmi mereka pada Selasa, 18 Januari 2022. 
"Real Madrid, presiden klub dan Dewan Direksi sangat berduka atas meninggalnya Francisco Gento, presiden kehormatan Real Madrid dan salah satu legenda terbesar klub kami dan sepak bola dunia," demikian pernyataan Madrid.

"Real Madrid ingin menyampaikan belasungkawa dan mengirimkan cinta kepada istrinya Mari Luz, kepada putranya Francisco dan Julio, kepada cucu-cucunya Aitana dan Candela dan kepada semua kerabat, rekan satu tim dan orang-orang terkasihnya," lanjutnya.

Gento merupakan salah satu pemain terbaik Madrid dan timnas Spanyol sepanjang masa. Sepanjang karier, ia sukses memberikan banyak kontribusi untuk Los Blancos.

Salah satu kontribusi terbesarnya adalah membawa Madrid meraih enam gelar Piala Eropa (saat ini dikenal dengan Liga Champions). Ia pun masih menjadi satu-satunya pemain yang mampu menorehkan rekor tersebut dalam sejarah Madrid.

Sejumlah gelar juga berhasil diraih Gento untuk Madrid. Di antaranya adalah 12 gelar La Liga Spanyol, dua gelar Copa Del Rey, satu gelar Piala Dunia Antarklub.

"Paco Gento benar-benar mewakili nilai dari Real Madrid dan semangatnya akan terus menjadi contoh bagi madridistas dan dunia olahraga. Dia akan selalu dikenang oleh madridistas dan seluruh fans sepak bola sebagai salah satu yang terbaik," tutup Madrid.

Gento mengawali kariernya sebagai pesepak bola di Racing Santander pada 1952. Namun, kebersamaannya bersama Santander hanya berlangsung semusim.

Kemudian, Gento bergabung dengan Madrid pada 1953. Ia pun menghabiskan kariernya bersama klub ibu kota Spanyol itu selama 18 tahun. Dalam periode tersebut, ia juga membuat 600 penampilan untuk Los Blancos dan mencetak 182 gol.

Sementara itu, karier Gento di level internasional tidak semulus di level klub. Bersama timnas Spanyol, ia belum pernah meraih gelar. Kontribusinya sejauh ini adalah membuat 43 penampilan dan bermain di Piala Dunia sebanyak dua kali (1962 dan 1996). 

(PAT)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id