Rekor Pele di Depan Mata Messi

    Kautsar Halim - 05 Desember 2020 20:07 WIB
    Rekor Pele di Depan Mata Messi
    Lionel Messi. (GABRIEL BOUYS / AFP)
    Jakarta: Lionel Messi berpeluang besar mematahkan rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak dalam sebuah tim. Tapi, itu baru terjadi apabila La Pulga mampu menambah dua gol bersama Barcelona

    Messi sudah diistirahatkan Barcelona ketika menghadapi Ferencvaros pada lanjutan fase grup Liga Champions beberapa hari lalu. Besar kemungkinan, itu dilakukan agar Messi prima ketika menghadapi Cadiz pada lanjutan La Liga beberapa jam lagi. 

    Hingga kini, Messi sudah mengoleksi 641 gol bersama Barcelona. Sedangkan rekor gol terbanyak Pele dalam sebuah klub sempat tercipta ketika membela tim Brasil Santos dengan kumpulan 643 gol.

    Delapan dari 18 musim berkompetisi di Brasil, Pele mampu mencetak 40 gol atau lebih sebelum pindah ke New York Cosmos pada 1975 silam. Namun, rekor tersebut sudah berhasil dipatahkan Messi. 

    Messi yang berasal Argentina sudah mencetak lebih dari 40 gol dalam 10 musim sejak debutnya bersama Barca pada 2004 silam. Kemudian, pencapaiannya pada musim 2011--2012 juga sudah melampaui rekor produktifitas Pele dalam semusim.

    Jika sebelumnya Pele hanya mengemas 46 gol dalam 66 pertandingan pada 1957, Messi malah mampu mencetak 73 gol ketika dimainkan Barca sebanyak 60 laga ada musim 2011--2012. Jadi, tambahan dua gol untuk kembali mematahkan rekor Pele bukan perkara sulit bagi Messi.

    Meski demikian, Pele masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa, yakni 757 gol yang berasal ketika membela negaranya maupun klub. Di belakang Pele, ada Ronaldo yang memiliki koleksi 750 gol, sedangkan Messi yang sudah mengumpulkan 712 gol berada di urutan empat atau di belakang Romario. (www.football-espana.net)

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id