Harga Jual Lionel Messi Menyusut Hingga 20 Juta Euro

    Kautsar Halim - 11 Januari 2021 13:30 WIB
    Harga Jual Lionel Messi Menyusut Hingga 20 Juta Euro
    Lionel Messi. (Cesar Manso / AFP)
    Jakarta: Klub-klub lain yang tertarik untuk menggunakan jasa kapten Barcelona Lionel Messi tampaknya bisa berbahagia. Pasalnya, harga jual pemilik enam trofi Ballon d'Or itu dikabarkan mengalami penurunan.

    Messi yang juga kapten timnas Argentina sudah diperbolehkan bernegosiasi dengan klub lain sejak 1 Januari lalu karena kontraknya bakal habis pada Juni mendatang. Sebelum berstatus bebas transfer, Barca diyakini bakal menurunkan harga jualnya ketimbang tidak mendapat keuntungan sama sekali.

    Situs industri sepak bola ternama, Transfermarkt, mematok harga Messi sebesar 80 juta euro (sekitar Rp1,3 triliun). Padahal dalam sekitar satu dekade belakangan ini, harga tersebut tak pernah kurang dari 100 juta euro (sekitar 1,7 triliun).

    Bahkan pada bursa transfer musim lalu, atau ketika Messi ingin hengkang ketika kontraknya belum habis, Barcelona masih membanderolnya dengan harga 700 juta euro (Rp 13,3 triliun). Tapi sekarang, La Pulga sudah lebih murah ketimbang Ansu Fati dan Jan Oblak.

    Manajer Transfermarkt untuk liga Spanyol, Tobias Blaseio, membeberkan alasan penurunan harga Messi. Menurutnya, itu terjadi karena La Pulga sudah memasuki tahun-tahun terakhir kariernya dan Barca pun mengalami krisis institusional.

    "Perlahan-lahan, Messi berada di puncak akhir kariernya dan Barcelona pun sedang dilanda krisis. Oleh karena itu, setelah 10 tahun memiliki banderol di atas 10 juta euro, sekarang jadi turun 20 juta euro," ujar Blaseio seperti dilansir dari ibtimes.co.uk, Senin (11/1/2021).

    Selain penyebab yang disebutkan di atas, umur Messi yang sudah menginjak 33 tahun juga berperan besar atas harga jualnya. Kemudian, penurunan performa yang ditunjukkan sepanjang musim ini juga menjadi acuan.

    Faktor tersebut belum ditambah dengan pandemi virus korona yang membuat klub-klub di dunia mengalami krisis keuangan. Jangankan membeli pemain mahal, klub-klub tersebut bahkan harus memotong gaji para pemainnya untuk bertahan hidup. 

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id