Perjalanan Ralf Rangnick Si Pencetus Gegenpressing

    Gregorius Gelino - 30 November 2021 07:00 WIB
    Perjalanan Ralf Rangnick Si Pencetus Gegenpressing
    Pelatih Manchester United, Ralf Rangnick (AFP/Frank Hoermann)



    Jakarta: Manchester United akhirnya resmi menunjuk Ralf Rangnick sebagai manajer interim. Pria asal Jerman itu dikontrak selama enam bulan dan akan meneruskan peran sebagai konsultan klub untuk dua tahun ke depan.

    Sosok Rangnick disanjung sebagai pencetus gegenpressing di Jerman. Meski Juergen Klopp adalah orang yang pertama kali mempopulerkannya.

     



    Rangnick memulai karier kepelatihannya sejak dini ketika ia menangani tim kampung halamannya, Viktoria Backnang, pada usia 25 meski masih aktif bermain. Peran serupa ia lakoni di Stuttgart II dan TSV Lippoldsweller.

    Rangnick baru menjalani pekerjaan penuh sebagai pelatih pada 1999 ketika menangani Stuttgart. Kemudian, Rangnick menukangi Hannover 96, Schalke 04, 1899 Hoffenheim, dan RB Leipzig.

    Sebagai pelatih, Rangnick menerapkan strategi pressing intens dengan menekankan umpan-umpan cepat untuk melakukan transisi dari bertahan ke menyerang yang menjadi cikal bakal gegenpressing.

    Rangnick menyudahi karier sebagai pelatih pada 2011 karena kelelahan. Ia memilih untuk menjadi direktur teknik dan direktur teknik global grup Red Bull.

    Rangnick sempat kembali melatih pada musim 2018--2019 di RB Leipzig sebelum kembali menjadi direktur teknik pada akhir musim setelah Julian Nagelsmann dipastikan menjadi pelatih.

    Pada 2020, Rangnick mundur sebagai direktur teknik global Red Bull dan menjadi direktur teknik Lokomotiv Moskow. Namun pekerjaan sebagai direktur teknik Manchester United membuatnya menerima pekerjaan sebagai pelatih interim selama enam bulan.

    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id